Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Poltek APP dan Darya-Varia Fasilitasi UMKM Dapatkan Sertifikasi Halal

Poltek APP dan Darya-Varia melakukan kolaborasi untuk membantu pelaku usaha UMKM mendapatkan sertifikasi halal.
Kegiatan bimbingan teknis bagi UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal/Istimewa
Kegiatan bimbingan teknis bagi UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Sertifikasi halal merupakan suatu kegiatan atau proses yang dilakukan untuk memenuhi atau mencapai standar tertentu. Tujuan akhir dari sertifikasi halal ini, yaitu adanya pengakuan secara legal formal bahwa produk yang dikeluarkan telah memenuhi ketentuan halal.

Hal ini sesuai yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal, dan disempurnakan melalui UU No. 6/2023 tentang Cipta Kerja.

Komitmen untuk pemerolehan sertifikasi halal tersebut, khususnya bagi para pengusaha mikro, kecil, dan menengah, menjadi kesepakatan bersama yang diusung antara unit pendidikan vokasi milik Kementerian Perindustrian, Politeknik APP Jakarta dengan Darya-Varia. Kolaborasi ini telah berjalan dua tahun dengan beragam aktivitas terkait pemerolehan sertifikasi halal di Jakarta dan wilayah lainnya.

“Kami bersama dengan Darya-Varia bertekad untuk melakukan percepatan dalam pemerolehan sertifikasi halal. Upaya ini merupakan langkah yang baik bagi peningkatan daya saing industri kita, sehingga perlu untuk terus dilakukan pada tahun-tahun yang akan datang,” kata Direktur Politeknik APP Jakarta, Amrin Rapi di Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Amrin menyampaikan, beberapa agenda yang telah berjalan di antaranya adalah bimbingan teknis yang dihadiri secara tatap muka oleh 30 pengusaha UMKM di Kabupaten Bogor, pelatihan pembuatan manual Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) untuk 30 pengusaha secara daring, dan sosialisasi pemerolehan sertifikasi halal di wilayah Jakarta secara daring.

“Para pengusaha perserta pemerolehan sertifikasi halal ini kebanyakan merupakan pengusaha makanan dan minuman.  Di samping itu juga sudah dilakukan pelatihan penyelia halal untuk para pengusaha yang lolos seleksi,” ungkapnya.

Agenda tersebut telah berjalan sejak disepakatinya kolaborasi bersama pada bulan Mei hingga November 2023.

Amrin menegaskan, dengan dukungan Pusat Pemberdayaan Industri Halal (PPIH) Kemenperin, Politeknik APP Jakarta telah memiliki sumber daya manusia kompeten dalam membantu para pengusaha mikro, kecil, dan menengah memperoleh sertifikasi halal. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain dalam bentuk bimbingan teknis, pelatihan, hingga konsultasi.

“Apresiasi terhadap agenda tersebut disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), Bapak Masrokhan saat menghadiri acara wisuda kelulusan mahasiswa dan mahasiswi APP Jakarta, beberapa waktu lalu,” imbuhnya.

Legal & Corporate Affairs Division Head, Corporate Secretary Darya-Varia Widya Olivia Tobing juga mengapresiasi adanya kolaborasi Politeknik APP Jakarta dan Darya-Varia terkait pemberian sertifikasi halal. “Malalui pelatihan yang dilaksanakan, tentu akan memberikan dampak yang baik untuk membantu kegiatan pelaku usaha terus berkembang,” ujarnya.

Apalagi, menurut Widya, potensi Indonesia menjadi pusat industri halal sangat besar karena mayoritas penduduknya beragama muslim. “Tapi kami harus menghadapi tantangan untuk mengedukasi masyarakat soal potensi pertumbuhan ekonomi tersebut. Program-program yang sudah ada perlu dilakukan secara berkesinambungan demi memperkuat ekosistem halal nasional,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper