Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan Sri Mulyani ke Awardee LPDP: Hanya 0,5% Penduduk RI yang Merasakan Pascasarjana

Sri Mulyani menyampaikan pesan tersebut di depan 314 awardee LPDP saat momen Persiapan Keberangkatan LPDP Angkatan Ke-221, Selasa (9/1/2024).
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam acara 12th Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED), Rabu (6/12/2023). Dok Youtube Kemenkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam acara 12th Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED), Rabu (6/12/2023). Dok Youtube Kemenkeu

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa hanya 0,5% penduduk Indonesia atau sekitar 1,4 juta orang yang merasakan bangku pascasarjana. 

Hal tersebut dirinya sampaikan di depan 314 awardee LPDP saat momen Persiapan Keberangkatan LPDP Angkatan Ke-221, Selasa (9/1/2024). 

Secara perinci, angkatan ke-221 terdiri dari 160 perempuan dan 154 laki-laki yang akan menempuh pendidikan pascasarjana tingkat S2, S3, serta dokter spesialis di 11 negara di seluruh dunia, termasuk mayoritas di dalam negeri.

“Bangsa Indonesia yang mampu menempuh jenjang pasca sarjana hanya 0,5% dari penduduknya. Sebuah privilege ..! Merekalah yang harus menjadi tiang negara yang bertanggung jawab atas kokoh tegaknya dan majunya Indonesia,” ungkapnya dalam akun media sosial pribadinya @smindrawati. 

Dirinya menyampaikan kepada para penerima beasiswa dari negara ini, agar menggunakan kesempatan beasiswa LPDP untuk belajar menguasai pengetahuan dan mengakumulasikan wisdom untuk memperkuat karakter dan melengkapi perspektif hidup. 

Sri Mulyani turut meminta kepada para awardee untuk kembali ke Indonesia dan membawa pengalaman, pengetahuan, dan kebijaksanaan yang kuat, bukan membawa sikap toksik ke Tanah Air. 

Be excellent dalam setiap bidang yang anda tekuni. Namun, jangan gunakan excellence itu untuk mengglorifikasi kalian. Gunakanlah untuk berbakti bagi manusia. Niatkan untuk membaktikan capaian kalian bagi perikemanusiaan yang adil dan beradab. Ini yang akan membuat Indonesia menjadi sebuah bangsa yang besar..!” pungkasnya. 

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah angkatan kerja yang memiliki tingkat pendidikan yang ditamatkan Diploma IV, S1, S2, dan S3, sebesar 10,32% per Agustus 2023. Angka tersebut mencakup sekitar 15,2 juta penduduk. 

Sementara angkatan kerja Indonesia didominasi oleh pekerja lulusan SD ke bawah, yang mencapai 36,82%. 

Meski demikian, fakta lainnya adalah 5,18% pengangguran di Indonesia merupakan lulusan Diploma IV, S1, S2, dan S3. Angka ini bahkan meningkat 0,20 poin dari Agustus 2022. 

Adapun, Kementerian Keuangan akan membuka pendaftaran beasiswa LPDP Tahap I 2024 pada Kamis, 11 Januari 2024. 

Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto mengungkapkan bahwa untuk tahun terakhir kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, target penerimaan hasil seleksi di rentang 8.000 hingga 10.000 mahasiswa.  

“Untuk tahun 2024 target penerimaan hasil seleksi sekitar 8.000-10.000 orang tergantung tingkat kelulusan pendaftar,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (7/1/2024).  

Dirinya menyampaikan untuk beasiswa LPDP periode 2023 dengan total tambahan anggaran senilai Rp20 triliun, realisasi penerimaan seleksi sebanyak 9.959 mahasiswa. Sementara pada 2022, sebanyak 5.664 mahasiswa mendapatkan beasiswa dari pemerintah ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper