Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri PUPR Cek Terowongan Tol Cisumdawu yang Disebut Retak, Ini Hasil Temuannya

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengecek langsung ke terowongan Tol Cisumdawu yang sempat dikabarkan retak usai gempa Sumedang, Jawa Barat.
Petugas tengah membersihkan dan memeriksa rambu di ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022).  Bisnis/Rachman
Petugas tengah membersihkan dan memeriksa rambu di ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, melakukan pengecekan langsung ke terowongan Tol Cisumdawu yang sempat dikabarkan retak usai gempa magnitudo 4,8 mengguncang Sumedang, Jawa Barat.

Setelah secara langsung melakukan pengecekan, Menteri Basuki memastikan bahwa tidak ada retakan atau kerusakan lainnya akibat gempa pada Terowongan Tol Cisumdawu.

"Hasil pengukuran melalui SHMS (structural health monitoring system) tidak menunjukkan adanya efek kerusakan struktur terowongan akibat gempa. Secara struktural terowongan ini masih aman untuk dilalui," kata Basuki dikutip dari akun Instagram @pupr_bpjt, Sabtu (6/1/2024).

Sebelumnya pengecekan secara teknis juga telah dilakukan oleh tim Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

Adapun, pola mirip retakan pada terowongan tersebut merupakan tumpukan debu/kotoran yang menempel pada permukaan beton yang tidak rata, sehingga terlihat seolah dinding terowongan retak

Kementerian PUPR menyebut dampak dari gempa kemarin lebih kecil dari pengaruh perbedaan suhu harian pada terowongan ini. Pasalnya, terowongan dilengkapi dengan expansion joint untuk menyerap regangan tersebut, jadi secara struktural aman.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Balai Geoteknik Terowongan dan Struktur, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Fahmi Aldiamar, memastikan bahwa usai diguncang gempaM 4,8, terowongan kembar Tol Cisumdawu masih aman dilalui. 

"Ini hasil pengecekan kami di kedua lokasi terowongan, kami bisa sampaikan bahwa terowongan dalam kondisi aman, dapat dilalui oleh pengguna jalan," jelas Fahmi usai melakukan kunjungan ke Tol Cisumdawu, Senin (1/1/2024).

Fahmi menuturkan, terdapat beberapa sedikit keretakan yang perlu diperbaiki. Dia juga mengimbau pengendara untuk tidak khawatir karena kerusakan yang terjadi hanya memerlukan perbaikan minor.

"Ada beberapa sedikit keretakan yang nanti perlu diperbaiki, tetapi hanya perbaikan minor dan ini bisa dilakukan dengan cepat," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper