Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aplikasi KAI Access Error dan Loading Lama, KAI Lakukan Upaya Ini

PT KAI melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi aplikasi KAI Access error sejak Kamis (4/1/2024) pagi
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) buka suara perihal gangguan pelayanan saat melakukan pemesanan tiket online melalui aplikasi Access by KAI channel atau mitra eksternal, loket box, dan website kai.id pada Kamis (4/1/2024) pagi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan, gangguan yang terjadi disebabkan oleh jaringan, sehingga berimbas pada sistem layanan penjualan tiket online KAI Group.

“Selanjutnya Tim IT KAI melakukan berbagai langkah perbaikan di antaranya meningkatkan quality of service dengan penambahan kapasitas, redundancy jaringan dan peningkatan aspek security,” jelas Joni melalui keterangan tertulis, Kamis (4/1/2024).

Joni menuturkan, penjualan tiket online saat ini telah berangsur normal dan pemesanan tiket secara online sudah bisa kembali dilakukan.

“Kami masih melakukan evaluasi agar gangguan tersebut tidak terulang kembali. Kami harap masyarakat tetap menggunakan jasa transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujarnya. 

KAI Access yang mendadak error pada Kamis (4/1/2024) menjadi perbincangan hanya warganet di platform X.com.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com pukul 08.41 WIB, erorrnya KAI Access jadi trending di platform X.com. Para pengguna di platform tersebut mempertanyakan penyebab errornya aplikasi tersebut. Pasalnya, aplikasi tersebut seringkali mengalami hal serupa.

“Drama pagi ini, Access by KAI error, setelah konfirmasi petugas Stasiun Cibatu benar error mau beli di loket gak bisa karena khusus Lansia, kenapa begini terus? @KAI121 @keretaapikita @CommuterLine @mas_didiek,” tulis akun @Aluq****.

“Udah KAI Access error sejak pagi, terus kereta lokal Dhoho-Penataran ke Malang terlambat udah 20 menit. User experience pengguna turun drastis buat kereta api Indonesia,” tulis akun @cu****.

Salah seorang warganet menambahkan, aplikasi tersebut mulai sering error sejak mengupdate aplikasi KAI Access di perangkat selulernya.

“Semenjak update versi KAI Access jadi sering error. Sering banget logout sendiri, sekarang malah ga bisa dibuka sama sekali. Gimana nih min? @KAI121 @keretaapikita,” tulis @suk****.

Dalam foto-foto yang beredar di platform X.com, tampak antrian mengular di salah satu stasiun di Lamongan.

“KAI access error, mau boarding kereta lokal tidak bisa, antrian mengular,” tulis akun @kerusakan***.

Tak hanya KAI Access, sistem pembelian tiket Kereta Api Bandara juga mengalami hal serupa. 

Melalui platform sosial media Instagram, @kabandararailink, akun resmi informasi KA Bandara Yogyakarta dan Medan menyampaikan bahwa pembelian tiket hanya bisa dilakukan secara manual oleh petugas KAI di seluruh stasiun.

“Saat ini telah terjadi gangguan pada seluruh sistem pembelian tiket Kereta Api Bandara di seluruh stasiun. Oleh karena itu, pembelian tiket hanya dapat dilakukan secara manual yang akan dibantu oleh petugas kami,” tulis @kabandararailink, dikutip Kamis (4/1/2024).

KAI juga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang. Adapun, KAI tengah berupaya untuk memperbaiki situasi ini sehingga sistem dapat kembali normal.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami. Kami sedang berusaha memperbaiki situasi ini secepat mungkin sehingga sistem kami dapat kembali normal,” jelas mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper