Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT KAI Klaim Masalah Roda Aus LRT Jabodebek Sudah Teratasi

PT KAI mengeklaim sudah mengatasi masalah roda aus pada LRT Jabodebek yang sebelumnya menyebabkan belasan trainset masuk bengkel.
Kereta Light Rail Transit (LRT) melintas di Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (2/8/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Kereta Light Rail Transit (LRT) melintas di Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (2/8/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengeklaim seluruh permasalahan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek telah diselesaikan. Masyarakat diimbau mulai rajin naik LRT Jabodebek.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya telah mengatasi masalah roda aus pada trainset LRT Jabodebek. Adapun sebelumnya belasan trainset LRT Jabodebek terpaksa masuk bengkel karena mengalami aus roda hingga mengganggu jadwal operasional.

"Kalau dulu masalah aus itu sekarang kita atasi dengan berbagai macam tuh. Relnya kita grinding halus, kemudian kita berikan serbuk untuk pelumas sehingga sekarang itu meski lengkung kecil, gerusnya terjaga," beber Didiek saat ditemui di Balai Yasa Manggarai, Kamis (28/12/2023).

Didiek berujar, evaluasi operasional LRT Jabodebek terus dilakukan pihaknya. Adapun saat ini, kata Didiek, terdapat 16 trainset LRT Jabodebek yang beroperasi. Sementara 5 trainset lainnya masuk dalam tahap pembubutan roda, dan 4 trainset sebagai cadangan.

"Untuk LRT kan sekarang sudah 16 trainset beroperasi, perjalanan sehari sudah sekitar 200 perjalanan. Ini kita keep dulu," ujarnya.

Kendati begitu, dia mengakui bahwa saat ini jumlah penumpang harian belum mencapai rata-rata penumpang harian saat tarif promo Rp5.000 diberlakukan. Menurutnya, saat ini jumlah penumpang harian berada di kisaran 37.000 orang, sedangkan sebelumnya bisa mencapai 47.000 orang.

Oleh karena telah diperbaiki, Didiek mengklaim operasional LRT Jabodebek saat ini lebih mulus. Dia optimistis angkutan massal yang diresmikan sejak 28 Agustus 2023 itu pun akan semakin baik dan andal.

"Masyarakat, saya harapkan gunakan LRT. Silahkan dicoba, kalau berhenti itu smooth sekali, ketepatan dengan pintunya juga presisi. Ini lah AI [artificial intelligence] ya, dengan GoA3 ini LRT akan makin baik dan handal. Pentarifan juga optimal yan dinamis," ucapnya.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Rabu (27/12/2023), PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat adanya kenaikan jumlah penumpang LRT Jabodebek hingga 33% selama periode libur Natal 2023.

Manager Humas KAI Divisi LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menjelaskan, LRT Jabodebek melayani sebanyak 119.883 penumpang pada rentang 23-26 Desember 2023.

Dia mengatakan, angka rata-rata pengguna harian moda transportasi ini adalah sebanyak 29.971 orang. Sementara itu, rerata pengguna LRT Jabodebek pada akhir pekan sepanjang Desember adalah sebanyak 22.523 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper