Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LRT Jabodebek Melaju Tanpa Gangguan, Jumlah Penumpang Naik 33%

PT KAI mencatat jumlah penumpang LRT Jabodebek melonjak hingga 33% selama periode libur Natal 2023.
Kereta Light Rail Transit (LRT) melintas di Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (2/8/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Kereta Light Rail Transit (LRT) melintas di Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (2/8/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat adanya kenaikan jumlah penumpang LRT Jabodebek hingga 33% selama periode libur Natal 2023.

Manager Humas KAI Divisi LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menjelaskan, LRT Jabodebek melayani sebanyak 119.883 penumpang pada rentang 23-26 Desember 2023. Dia mengatakan, angka rata-rata pengguna harian moda transportasi ini adalah sebanyak 29.971 orang. 

Sementara itu, rerata pengguna LRT Jabodebek pada akhir pekan sepanjang Desember adalah sebanyak 22.523 orang.

“KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pengguna yang telah memilih LRT Jabodebek sebagai moda transportasi ketika periode libur Natal tahun ini,” jelas Mahendro dalam keterangan resminya, Rabu (27/12/2023).

LRT Jabodebek berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada para pengguna jasa pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2024. Apalagi, KAI juga menambah frekuensi perjalanan dan waktu operasional menjelang akhir tahun nanti. 

Untuk menjamin kelancaran perjalanan dan mengantisipaso kenaikan jumlah penumpang, LRT Jabodebek telah memperkuat personilnya dengan mengerahkan petugas tambahan baik petugas frontliner maupun keamanan di stasiun-stasiun. Kehadiran petugas tersebut bertujuan untuk membantu para pengguna jasa dan menjaga kelancaran perjalanan. 

Selain itu, KAI juga berkoordinasi dengan pihak eksternal mulai dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, dan tokoh masyarakat setempat untuk memperkuat keamanan di area stasiun.

Selanjutnya, KAI juga memprioritaskan peningkatan fasilitas di stasiun mengingat pentingnya kenyamanan dan kemudahan pengguna. Peningkatan fasilitas ini berupa penambahan jumlah kipas penyejuk di concourse dan platform, penambahan tempat parkir sepeda, serta tempat naik turun sepeda di sepanjang tangga stasiun. 

Sebagai komitmen untuk menjaga standar layanan terbaik, LRT Jabodebek juga telah melakukan pemeliharaan ekstra. Prosedur pemeliharaan yang ketat telah diterapkan untuk memastikan sarana LRT dapat beroperasi optimal, dengan mengutamakan keselamatan dan keandalan bagi pengguna. 

“Khusus periode libur Natal dan Tahun Baru LRT Jabodebek mengerahkan posko petugas perawatan sarana yang siaga 24 jam serta menyiapkan alat evakuasi antisipasi situasi darurat,” ujar Mahendro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper