Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Manufaktur Tahun Depan, Menperin Boyong Pelaku Usaha Pameran Internasional

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang bakal sering memboyong pelaku industri lokal mengikuti pameran internasional, untuk membuka akses pasar.
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita - Dok. Kemenperin.
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita - Dok. Kemenperin.

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan meningkatkan partisipasi industri pengolahan lokal dalam berbagai pameran internasional untuk menggenjot pertumbuhan manufaktur. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pameran internasional juga mengasah industri untuk beradaptasi dengan teknologi dan tren global. 

“Kemenperin menekankan pentingnya partisipasi dalam pameran industri internasional sebagai wujud dukungan dan fasilitasi untuk mendorong akses industri nasional ke pasar global,” kata Agus, Rabu (27/12/2023).

Adapun, sejumlah pameran bergengsi internasional rencananya yang akan diikuti oleh Kemenperin, antara lain Hannover Messe 2024 di Hannover, Jerman, SIAL Paris 2024 di Paris, Perancis, Ambiente di Frankfurt, Jerman,  dan Food Ingredients Europe 2024 di Paris, Perancis. 

Pameran-pameran internasional lainnya mencakup beragam subsektor industri, di antaranya teknologi, bahan makanan dan minuman, serta kerajinan dan home decor.

"Berbagai ajang pameran tersebut diharapkan dapat menjadi platform yang efektif untuk memperluas cakrawala ekspor, menampilkan keunggulan, dan meningkatkan daya saing industri Indonesia,” jelasnya.

Di samping menjadi ajang untuk mempromosikan pencapaian industri, pameran internasional juga disebut merupakan kesempatan strategis untuk menjalin kerja sama bisnis dan menarik investasi. 

Dengan mempertemukan pelaku industri dari berbagai negara, pameran ini diharapkan dapat membuka pintu peluang baru bagi kolaborasi bisnis dan pertukaran pengetahuan serta membuka wawasan para pelaku indutri nasional terhadap potensi dan tren di pasar global serta teknologi terkini.

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian, Eko S.A Cahyanto mengharapkan, partisipasi aktif Indonesia dalam pameran-pameran internasional ini dapat membuka berbagai peluang baru, tidak hanya untuk pertumbuhan ekonomi, tetapi juga untuk mengukuhkan posisi Indonesia sebagai pemain kunci dalam pasar global. 

Salah satu yang dinantikan yakni pameran Hanover Hannover Messe 2024. Melalui ajang tersebut, Indonesia akan kembali memperkuat branding RI sebagai manufaktur dunia yang konsisten bertransformasi melalui penerapan teknologi industri 4.0.

Untuk ikut serta di Hannover Messe 2024, Kemenperin akan melakukan persiapan secara baik dan matang, terutama terkait aspek kepesertaan dan sejumlah program kegiatan menarik serta showcase industri unggulan Indonesia di event tersebut.

“Meski Indonesia tidak menjadi official partner country, kami optimistis partisipasi pada Hannover Messe 2024 akan kembali membuahkan hasil yang maksimal," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper