Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cek! Jadwal One Way Arus Balik Natal Tol Jakarta-Cikampek Hari Ini

Korlantas Polri berencana memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa one way di Tol Jakarta-Cikampek pada puncak arus mudik Natal hari ini, Selasa (26/12/2023).
Foto aerial kendaraan melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Foto aerial kendaraan melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa satu arah atau one way di Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk mengantisipasi kepadatan puncak arus mudik Natal pada hari ini, Selasa (26/12/2023).

Korlantas memperkirakan sekitar 50.000 kendaraan akan masuk ke Jakarta pada hari ini.

“Diprediksi besok [Selasa, 26 Desember 2023] arus balik dari arah timur selatan maupun dari barat, dari arah timur tadi kami coba menghitung mensimulasi ada sekitar 50.000 itu jatuh pada angka 1,3 vc rasio. Artinya, kita harus intervensi sehingga arus lalu lintas masih bisa lancar di Cipali,” ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, dikutip dari laman resmi Humas Polri, Selasa (26/12/2023).

Rekayasa lalu lintas one way dan contraflow arus balik Natal di Tol Jakarta-Cikampek pada Selasa (26/12/2023) rencananya akan diberlakukan pada pukul 14.00-24.00 WIB.

One way diberlakukan dari Kilometer (Km) 188 Gerbang Tol Palimanan sampai dengan Km 72 GT Cikampek Utama. Dilanjutkan rekayasa lalu lintas contraflow menggunakan dua lajur dari Km 72 sampai dengan Km 47.

Kemudian, dari Km 47 sampai dengan Km 3 akan diterapkan rekayasa lalu lintas contraflow satu lajur.

Sementara itu, kendaraan dari arah Bandung yang akan menuju Cirebon melewati Tol Cisumdawu akan dikeluarkan di exit Ujung Jaya – Majalengka – Cirebon – Palimanan 3.

“Cisumdawu nanti akan diberlakukan one way dari arah Timur, kendaraan yang akan mengarah ke Jawa atau ke Cirebon kita akan alihkan melalui Cimalaka setelah Cimalaka keluar jalur jalan nasional Kadipaten, kemudian Palimanan masuk kembali Palimanan 3,” tutur Aan.

Adapun, kendaraan yang berada pada jalur one way arah balik dapat keluar melalui Gate Interchange: Sumber Jaya – Kertajati – Cisumdawu – Cikedung – Subang – Kalijati dan Cikopo.

Berikut lokasi rekayasa lalu lintas one way dan contraflow arus balik Natal 2023 pada Selasa (26/12/2023):

  • Tol Jakarta-Cikampek KM 188 GT Palimanan sampai dengan KM 72 GT Cikampek Utama, one way;
  • Tol Jakarta-Cikampek KM 72 sampai dengan KM 47, contraflow 2 lajur;
  • Tol Jakarta-Cikampek KM 47 sampai dengan KM 36, contraflow 1 lajur;
  • Kendaraan dari Bandung yang akan menuju ke Cirebon melewati Tol Cisudawu akan dikeluarkan di Exit Cimalaka/Tomo kabupaten/Pantura dan bisa masuk kembali ke tol melalui Gerbang Tol Palimanan 3 dan Plumbon Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper