Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Covid-19 Naik Lagi, Ini Anjuran AirAsia Kepada Penumpang

Maskapai penerbangan AirAsia mengeluarkan sejumlah imbauan atau anjuran kepada para pelanggannya dalam mengantisipasi peningkatan penyebaran Covid-19.
Pesawat AirAsia lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Indonesia, Senin (29/12/2014)./Bloomberg-Dimas Ardian
Pesawat AirAsia lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Indonesia, Senin (29/12/2014)./Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA – Maskapai penerbangan PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMPP) menganjurkan penumpang untuk melakukan check-in secara daring (online) di tengah meningkatnya penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine menjelaskan, kesehatan dan keselamatan penumpang merupakan prioritas utama perusahaan. Seiring dengan hal tersebut, perusahaan pun telah mengeluarkan sejumlah imbauan atau anjuran kepada para pelanggannya.

Salah satu anjuran tersebut adalah untuk melakukan check-in secara online melalui laman resmi perusahaan atau aplikasi yang tersedia. Vera menuturkan, check-in secara online ini dianjurkan guna mengurangi kontak fisik dengan orang lain. 

Check in online juga akan mengurangi kontak dengan permukaan saat proses check-in dan masuk pesawat,” jelasnya saat dihubungi pada Rabu (20/12/2023). 

Selain itu, penumpang AirAsia juga disarankan untuk tiba lebih awal di bandara. Vera mengatakan, penumpang sebaiknya sudah tiba di bandara sekitar 3 jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan.

Vera menuturkan, sebagai maskapai yang mengedepankan keselamatan dan kenyamanan penumpang, AirAsia akan senantiasa mengikuti prosedur kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Dia menegaskan perusahaan akan tunduk dan mengikuti arahan serta prosedur yang ditetapkan pemerintah terkait aturan perjalanan di tengah kenaikan kasus penyebaran Covid-19.

“Dalam menindaklanjuti perkembangan situasi pengendalian Covid-19 saat ini, kami memastikan seluruh armada AirAsia, petugas kabin dan petugas yang bekerja di bandara telah menjalankan prosedur kesehatan dan kebersihan yang berlaku” katanya. 

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum akan memberlakukan aturan perjalanan di tengah tren kenaikan penyebaran Covid-19 di Indonesia menjelang periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. 

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah rapat bersama pemangku kepentingan terkait seperti Kementerian Kesehatan untuk membahas peningkatan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia. 

Berdasarkan pembahasan tersebut dan mempertimbangkan situasi serta kondisi terkini, Adita mengatakan, Kemenhub akan mengambil langkah mitigasi berupa imbauan dan anjuran kepada calon penumpang, operator moda transportasi dan pihak lainnya. 

“Melihat situasi, saat ini kami lebih banyak memberikan imbauan dan meningkatkan pengawasan,” kata Adita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper