Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPS: Remitansi dari Pekerja Migran Mampu Kerek Pertumbuhan Ekonomi

Dalam lima tahun terakhir, remitansi dari pekerja migran berkontribusi sekitar 0,8% hingga 1,07% terhadap PDB.
Pekerja Migran di Riyadh mengikuti pelatihan tentang kopi dan ilmu barista./Istimewa-KBRI Riyadh,
Pekerja Migran di Riyadh mengikuti pelatihan tentang kopi dan ilmu barista./Istimewa-KBRI Riyadh,

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat transfer uang dari pekerja migran ke penerima di Tanah Air atau remitansi, mampu mendorong pertumbuhan ekonomi atau produk domestik bruto (PDB).

Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar menyampaikan dalam lima tahun terakhir, remitansi dari pekerja migran berkontribusi sekitar 0,8% hingga 1,07% terhadap PDB. 

“Proporsi remitansi terhadap PDB nasional sebesar 0,86%-1,07% dan mendorong kesejahteraan penduduk di wilayah kantong-kantong migran,” ujarnya dalam Pencanangan Kolaborasi Satu Data Migrasi Internasional untuk Indonesia Emas 2045, di Gedung BPS, Rabu (20/12/2023).

Amalia menyitir data Bank Dunia, bahwa remitansi efektif mengurangi kemiskinan di negara asal terutama wilayah kantong migran. Per 2022, di Indonesia sebanyak 25,58% dari 200.718 pekerja migran berasal pekerja migran paling banyak berasal dari Jawa Timur.

Di Tanah Air, Amalia menjelaskan bahwa rumah tangga yang menerima remitansi memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menjadi miskin. Hal tersebut akibat adanya peningkatan konsumsi dan kualitas pendidikan yang lebih baik dibandingkan yang tidak mendapatkan remitansi. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Misi International Organization of Migration (IOM) Indonesia Jeffrey Labovitz menyampaikan bahwa migrasi telah menjadi tren, bahkan sejak zaman dahulu.

Labovitz mengatakan para migran mengisi lapangan kerja, membawa keterampilan, dan membantu perekonomian tumbuh. Manfaat besar akan diperoleh para migran serta negara asal dan tujuan, jika migrasi dikelola dengan baik. 

“Migran mewakili sekitar 3% populasi dunia dan menghasilkan lebih dari 9% PDB global sekitar US$3 triliun, lebih banyak dibandingkan jika mereka tetap tinggal di rumah,” ujarnya. 

Mengacu data remitansi dari Bank Indonesia (BI), pekerja migran Indonesia menyumbangkan devisa sebesar US$9,71 miliar pada 2022. Jumlah remitansi tersebut naik 6,01% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak US$9,16 miliar.

Adapun, devisa yang disumbangkan pekerja migran Indonesia paling banyak dari Arab Saudi senilai US$2,83 miliar. Posisinya diikuti oleh remitansi pekerja migran Indonesia di Malaysia senilai US$2,57 miliar.

Sepanjang tahun ini hingga kuartal III/2023, BI mencatat remitansi telah mencapai US$7,99 miliar. Di mana pada kuartal I/2023 remitansi yang masuk senilai US$2,59 milliar, kuartal berikutnya US$2,66 miliar, dan khusus pada kuartal III/2023 sejumlah US$2,73 miliar. 

Sama dengan 2022, di mana sumbangan remitansi terbesar berasal dari Arab Sudi yang mencapai US$2,13 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper