Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Coba MLFF Perdana Diterapkan Terbatas, Hanya untuk Kendaraan Ini!

Uji coba perdana sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) di Tol Bali Mandara akan diterapkan terbatas pada sejumlah kendaraan.
Tol Bali Mandara/Youtube
Tol Bali Mandara/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) mengungkapkan bahwa rencana uji coba perdana sistem jalan tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (Multi Lane Free Flow (MLFF)) akan diterapkan terbatas pada sejumlah kendaraan.

Direktur PT RITS, Gyula Orosz, menjelaskan bahwa uji coba perdana yang akan dilakukan pada minggu kedua Desember 2023 di Tol Bali Mandara baru akan diterapkan pada sejumlah kendaraan friendly user.

"Pada akhirnya, teknologi MLFF akan diperkenalkan di seluruh Indonesia. Namun, untuk tahapannya di awal ini kita akan lakukan tes dengan friendly user di Bali," kata Orosz saat ditemui di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Adapun, kendaraan yang tergolong dalam kategori friendly user dimaksud yakni kendaraan dinas kementerian, kepolisian, dan salah satu perusahaan taksi di Bali.

"Nanti ke depan setelah friendly user atau uji coba dievaluasi oleh pemerintah, baru kita akan masuk ke masa transisi [untuk masyarakat umum]," tuturnya.

Gyula juga menjelaskan, seluruh biaya uji coba dan transisi ditanggung sepenuhnya oleh RITS. Hanya saja, dia menyebut saat ini pihaknya belum bisa menyebut berapa nominal dari tambahan biaya tersebut.

Sebelumnya, penerapan sistem MLFF ini mendapat sambutan baik dari sejumlah pihak. Salah satunya yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) yang merupakan pengelola Jalan Tol Bali Mandara.

Corporate Secretary and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menuturkan, Jasa Marga melalui PT Jasamarga Bali Tol (JBT) berharap, proses uji coba MLFF nantinya tidak mengganggu sistem pelayanan pengguna jalan tol. Justru sebaliknya, penerapan MLFF dipandang sebagai perwujudan atas sistem transaksi yang aman dan nyaman bagi para pengendara.

"Dan juga prinsipnya kami bersama badan usaha jalan tol (BUJT) lainnya akan berpartisipasi aktif dalam modernisasi sistem transaksi tol ini," pungkas Lisye.

Sebagai informasi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menjelaskan bahwa uji coba MLFF pada 12 Desember 2023 baru akan diterapkan di satu pintu Tol Bali Mandara. 

Apabila uji coba berjalan sesuai rencana, PUPR rencananya mulai akan menerapkan sistem MLFF pada seluruh gerbang tol Bali Mandara pada Maret 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper