Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengumuman! Harga Tiket Whoosh Mulai Rp200.000 per Desember 2023

Pengumuman! harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh dibanderol mulai dari Rp200.000 per Desember 2023.
Kereta Cepat WHOOSH./ Dok. KCIC
Kereta Cepat WHOOSH./ Dok. KCIC

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memperpanjang promo harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh hingga Desember 2023.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menuturkan, tarif promo kereta cepat Whoosh untuk perjalanan mulai Desember 2023 mengalami kenaikan, yaitu mulai dari Rp200.000 untuk kelas Premium Economy.

Sebagai informasi, harga tiket promo Whoosh untuk kelas tersebut dijual Rp150.000 per perjalanan. 

“Harga Rp200.000 berlaku untuk perjalanan Senin-Kamis. Sedangkan untuk tiket perjalanan Jumat-Minggu untuk kelas yang sama dijual seharga Rp250.000,” kata  Dwiyana dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (25/11/2023).

Adapun, seluruh tarif promo tersebut sudah termasuk tiket perjalanan KA Feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung dan sebaliknya.

Menurutnya, penerapan tarif promo dan penambahan perjalanan pada bulan Desember 2023 dilakukan untuk memberikan kesempatan yang lebih banyak pada masyarakat yang ingin menggunakan Kereta Cepat Whoosh sebagai moda transportasi pilihan selama musim liburan.

Pada Desember 2023, lanjutnya, akan ada 40 perjalanan kereta cepat Whoosh dalam sehari untuk Senin-Kamis, dan 48 perjalanan per hari untuk akhir pekan Jumat-Minggu.

"Kereta Cepat Whoosh adalah layanan kereta komersial sehingga penetapan tarifnya akan menggunakan strategy dynamic pricing dan mengikuti demand penumpang, saat high season atau low season," ujarnya. 

Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat berada di Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023). Bisnis/Rachman
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat berada di Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023). Bisnis/Rachman

Tingkat Okupansi 

Dia mengklaim pendekatan responsif untuk penetapan harga tiket kereta cepat Whoosh itu memungkinkan mereka mengoptimalkan layanan dan mengelola kapasitas kereta cepat secara efektif. 

Sejak pertama kali dioperasikan pada 17 Oktober 2023 hingga 22 November 2023, secara  total kereta cepat Whoosh telah melayani sebanyak 491.000 orang dengan okupansi rata-rata mencapai 80-90% di setiap rangkaian. Rata-rata penumpang tertinggi mencapai 21.000 per hari pada saat weekend dan 18.000 per hari pada saat weekday. 

Dwiyana mengatakan jumlah penumpang dan okupansi rangkaian tersebut menunjukkan tingkat kepercayaan dan minat positif masyarakat memilih menggunakan Whoosh.

Pihaknya telah bekerja sama dengan berbagai operator transportasi publik dalam menyediakan integrasi antarmoda untuk memudahkan masyarakat mengakses stasiun kereta cepat Whoosh. Di Stasiun Halim terdapat LRT Jabodebek, Damri tujuan bandara Soekarno Hatta, Transjakarta dan layanan khusus taksi konvensional. 

Adapun, untuk Stasiun Padalarang terdapat kereta Feeder untuk penumpang menuju Stasiun Cimahi dan Stasiun Bandung dan lainnya terdapat juga kereta Commuter line Bandung Raya dan Commuterline Garut yang dapat diakses langsung oleh penumpang kereta Whoosh di Stasiun Padalarang. 

Sedangkan untuk terdapat akses exit tol KM 149 dan jembatan Cibiru baru untuk menuju Stasiun Tegalluar. Selain itu, terdapat juga layanan Damri tujuan Stasiun Bandung yang melalui masjid Al Jabbar, Stasiun Gedebage, Metro Indah Mall, Trans Studio Mall, Jalan Asia Afrika, alun-alun Bandung dan Pasar Baru serta shuttle bus menuju area Summarecon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper