Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Perusahaan Nikel Terbesar di Indonesia

Pertumbuhan pesat industri kendaraan listrik (EV) sangat bergantung dengan nikel. Brikut ini tujuh perusahaan nikel terbesar di Indonesia.
Proses penambangan Nikel PT Vale Indonesia Tbk. di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat (28/7/2023)/Bisnis-Paulus Tandi Bone
Proses penambangan Nikel PT Vale Indonesia Tbk. di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat (28/7/2023)/Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia telah lama dikenal sebagai salah satu produsen nikel terbesar di dunia, dengan sejumlah perusahaan tambang yang memimpin industri ini. Di bawah ini adalah sejumlah perusahaan nikel terbesar di Indonesia untuk saat ini.

Dengan pertumbuhan pesat industri kendaraan listrik (EV), yang sangat bergantung pada nikel sebagai bahan baku utama untuk baterai, peran perusahaan-perusahaan ini semakin penting.

Perusahaan Nikel Terbesar di Indonesia

Berikut adalah 7 perusahaan tambang nikel terbesar di Indonesia yang memegang peranan kunci dalam perekonomian dan industri global.

Sebuah truk yang sedang beroperasi di area pertambangan. Sumber foto: Freepik-wirestock
Sebuah truk yang sedang beroperasi di area pertambangan. Sumber foto: Freepik-wirestock

1. PT Aneka Tambang TBK (ANTM)

PT Aneka Tambang TBK (ANTM) merupakan salah satu pemain utama dalam industri nikel Indonesia. Perusahaan ini tidak hanya bergerak di bidang eksplorasi dan eksploitasi nikel, tetapi juga berkolaborasi dengan PT Industri Baterai Indonesia, LG Energy Solution, dan Contemporary Amperex Technology Co. Limited untuk menyuplai bahan baku baterai kendaraan listrik. Laba bersih ANTM pada tahun 2021 mencapai Rp1,8 triliun, menunjukkan kontribusi signifikan dalam ekonomi nasional.

2. PT Vale Indonesia TBK (INCO)

PT Vale Indonesia TBK (INCO) memegang peranan penting sebagai produsen nikel matte dengan pendapatan mencapai Rp8,3 triliun. Pada tahun 2021, INCO mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 38 persen dibandingkan dengan semester pertama tahun sebelumnya. Wilayah pertambangan INCO tersebar di beberapa lokasi di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Timur.

3. PT Central Omega Resources Tbk (DKFT)

PT Central Omega Resources Tbk (DKFT) bergerak di bidang pertambangan, pengolahan mineral, dan perdagangan hasil tambang. Meskipun mengalami kerugian pada kuartal pertama tahun 2023, DKFT sebelumnya berhasil mencatat laba hingga Rp6,93 miliar pada kuartal pertama tahun 2022. Perusahaan ini memainkan peran penting dalam penyediaan bijih nikel dan feronikel di Sulawesi Tengah.

4. PT Ifishdeco Tbk (IFSH)

PT Ifishdeco Tbk (IFSH) fokus pada pertambangan bijih mentah nikel di Sulawesi Tenggara. Meskipun mencatat laba bersih sebesar Rp20,4 miliar pada awal tahun 2023, prestasinya turun dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2022 yang mencapai Rp36,6 miliar. Aktivitas eksplorasi, pengembangan, dan penjualan nikel menjadi andalan IFSH.

5. PT Resource Alam Indonesia Tbk (KKGI)

PT Resource Alam Indonesia Tbk (KKGI) terus menjadi incaran investor dengan ekspansi produksi nikel di Sulawesi Tenggara. Dengan target produksi mencapai 600 ribu ton pada tahun 2023, KKGI juga berencana meningkatkan produksi dan distribusi tambang batu bara sesuai dengan permintaan pasar.

6. PT Bintang Delapan Mineral

PT Bintang Delapan Mineral, bagian dari Bintang Delapan Group, memiliki konsesi luas di Morowali, Sulawesi Tengah. Dengan fasilitas pemurnian atau smelter nikel, perusahaan ini memainkan peran kunci dalam penyediaan nikel di wilayah tersebut.

7. PT Trimegah Bangun Persada (Harita Group)

PT Trimegah Bangun Persada, bagian dari Harita Group, menonjol di Kawasi, Maluku Utara, Halmahera Selatan. Melalui anak usahanya, Halmahera Persada Lygend, perusahaan ini memiliki pabrik nikel sulfat terbesar di dunia di Pulau Obi, dengan kapasitas produksi mencapai 240 ribu ton per tahun.

Perusahaan-perusahaan ini tidak hanya menjadi pemain utama dalam industri nikel Indonesia, tetapi juga berperan penting dalam mendukung pertumbuhan industri kendaraan listrik secara global.

Dengan potensi tambang yang tersebar di berbagai wilayah, mereka menjadi tulang punggung ekonomi nasional dan memainkan peran strategis dalam pendorong industri berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper