Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hungaria Guyur Investasi Rp4,7 Triliun untuk Proyek Tol Nirsentuh MLFF

Hungaria berencana menggelontorkan investasi sebesar US$300 juta atau Rp4,7 triliun dalam proyek tol nirsentuh MLFF.
Tol Bali Mandara/Youtube
Tol Bali Mandara/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Hungaria tengah meningkatkan investasi di Indonesia dalam teknologi digital melalui proyek tol nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) yang dinilai sebagai proyek nasional strategis Indonesia sebesar US$300 juta atau sebesar Rp4,7 triliun.

Deputi Misi Hongaria untuk Republik Indonesia Ilona Tóth menuturkan investasi proyek MLFF tersebut merupakan salah satu investasi terbesar dalam sejarah Hungaria modern. 

“Proyek Multi Lane Free Flow [MLFF], yakni proyek yang sedang berlangsung dan merupakan salah satu investasi terbesar dalam sejarah Hongaria modern. Nilainya mencapai US$300 juta,” jelasnya dalam Media Briefing HunIndoTech 4.0 Business Forum di The Westin Jakarta, Selasa (14/11/2023). 

Tóth menuturkan bahwa proyek ini merupakan sistem pembayaran tol nirsentuh, yang dia nilai sebagai proyek nasional yang strategis bagi Indonesia, dan juga sangat penting bagi Hungaria. 

Untuk diketahui, proyek MLFF sendiri dikerjakan oleh PT Roatex Indonesia Toll System, yakni perusahaan patungan Hungaria – Indonesia. Proyek MLFF yang akan melakukan uji coba dalam waktu dekat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga menuturkan bahwa uji coba akan dilakukan pada minggu kedua Desember 2023 ini. 

“Ini investasi langsung, foreign direct investment [FDI] dari Hungaria, mereka punya partner di sini, jadi tidak akan merugikan BUJT [Badan Usaha Jalan Tol], tidak akan menggunakan APBN,” tuturnya, yang juga ditemui dalam acara tersebut. 

Berdasarkan catatan Bisnis, proses uji coba tersebut berlangsung selama dua pekan, dan rangkaian uji coba MLFF akan memasuki tahap evaluasi pada akhir Desember 2023. 

Nantinya, proses evaluasi akan mengukur uji coba MLFF yang akan dijadikan barometer untuk pengembangan sistem pembayaran tol nirsentuh di Indonesia ke depan.

"Kita evaluasi kalau itu bagus dan berhasil kita expand. Kalau ada kekurangan kita improve dulu, baru coba lagi baru expand," ujarnya.

Mengutip keterangan resmi Kedutaan Besar Hungaria, Selasa (14/11) Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay mengungkapkan bahwa proyek ini menjadi kisah sukses bagi kedua negara. 

“MLFF menjadi kisah sukses dalam perdagangan dan invetasi luar negeri Hungaria pada tahun 2021. Ini adalah ekspor transfer teknologi terbesar dalam sejarah ekonomi modern Hungaria,” ungkap Lilla.

Hungaria dan Indonesia sudah memiliki hubungan baik lebih dari 68 tahun. Dia menuturkan bahwa Hongaria terus berupaya meningkatkan hubungan tersebut, baik dalam hal kerjasama pemerintah, sektor swasta dan bisnis. 

Adapun, dia juga mendukung Visi Indonesia Emas Indonesia dapat tercapai, menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia di 2045. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper