Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yellen Sambangi Wakil PM China, Sebelum Biden dan Jinping Bertemu

Menkeu AS Janet Yellen bakal menyambangi Wakil PM China He Lifeng sebelum Joe Biden dan Xi Jinping bertemu.
Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan delegasi pemerintah berkunjung ke Beijing, China untuk membahas bilateral AS-China./ Dok. Bloomberg.
Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan delegasi pemerintah berkunjung ke Beijing, China untuk membahas bilateral AS-China./ Dok. Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri China He Lifeng, yang juga menjadi pejabat ekonomi tertinggi negara tersebut pada 9-10 November 2023. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Departemen Keuangan AS pada Senin (6/11/2023) waktu setempat. Pertemuan ini berlangsung sebelum AS menjadi tuan rumah KTT APEC yang akan mempertemukan para pemimpin dan menteri senior dari sekitar 21 negara.

Pertemuan keduanya didasarkan pada serangkaian kunjungan dan pengumuman antara kedua belah pihak yang berupaya membangun kembali hubungan diplomatik. 

Yellen dan Lifeng juga akan melanjutkan dialog mengenai topik-topik ekonomi di tengah ketegangan berbagai isu seperti kontrol ekspor AS dan keterlibatan militer China di Laut China Selatan.

Adapun, Negeri Tirai Bambu tersebut juga telah mengonfirmasi bahwa He akan mengunjungi AS pada 8-12 November 2023. 

“[Diplomasi ini] dirancang untuk lebih menstabilkan hubungan dan membuat kemajuan dalam isu-isu utama,” tulis Yellen dalam opininya, yang dikutip dari pemberitaan Bloomberg, Selasa (7/11). 

Dia juga berpendapat bahwa tidak boleh melakukan kesalahan dengan terlalu terpaku dengan persaingan dengan China. 

Menurut pejabat senior Departemen Keuangan dalam konferensi pers, selama diskusi mereka minggu ini, Yellen dan He akan berbicara mengenai perkembangan ekonomi dan prospek global. 

Mereka juga akan membahas mengenai unsur-unsur hubungan ekonomi kedua negara yang mempengaruhi keamanan nasional AS dan tantangan global, termasuk perubahan iklim dan masalah utang. 

Kepala Departemen Keuangan juga akan menuturkan keprihatinan AS terkait praktik-praktik China, termasuk hambatan terhadap akses pasar dan tindakan koersifnya terhadap perusahaan-perusahaan AS di China.

Sebelumnya, Yellen mengunjungi China pada Juli 2023 dan mengadakan pertemuan resmi pertamanya dengan He. Kedua belah pihak membentuk dua kelompok kerja, yang bertemu secara virtual pada Oktober 2023. 

Kerangka kerja tersebut tidak seluas forum bilateral pada awal abad ini, di mana pertemuan tersebut melibatkan banyak anggota kabinet dan mencakup beragam pokok bahasan. 

Di lain sisi, Kunjungan dari Yellen dan pejabat AS ke China pada tahun ini dan kunjungan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, ke Washington pada bulan lalu, membantu mempersiapkan pertemuan yang diharapkan antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping di KTT APEC mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper