Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waktu Kedatangan LRT Jabodebek Ditargetkan Kembali ke 15 Menit Akhir November

Kementerian BUMN menyatakan waktu kedatangan antar kereta atau headway ditargetkan kembali ke 15 menit pada akhir November 2023.
Rangkaian LRT Jabodebek melintas di Jakarta, Rabu (6/9/2023). - Bisnis/Abdurachman
Rangkaian LRT Jabodebek melintas di Jakarta, Rabu (6/9/2023). - Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berupaya untuk mengakselerasi proses perbaikan roda aus pada LRT Jabodebek. Waktu kedatangan antar kereta atau headway ditargetkan kembali ke 15 menit pada akhir November 2023.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pihaknya tengah melakukan kajian menyeluruh terkait operasional LRT Jabodebek. Kajian tersebut diantaranya adalah terkait dengan sarana, termasuk roda yang aus, hingga ke prasarana seperti rel kereta.

Selain itu, pihaknya tengah berupaya mengakselerasi proses perbaikan 18 rangkaian kereta (trainset) LRT Jabodebek yang memasuki masa perawatan akibat roda aus. Tiko menargetkan headway kereta LRT dapat kembali ke setiap 15 menit pada akhir November ini.

Meski demikian, Tiko tidak menjelaskan secara rinci seperti apa upaya percepatan perbaikan rangkaian kereta tersebut.

Tiko menambahkan, pihaknya juga melakukan evaluasi terkait dengan perbaikan dan perawatan sarana serta prasarana LRT Jabodebek secara jangka panjang agar kejadian serupa tidak terjadi.

“Targetnya kita harapkan pekan ke-4 November ini headway-nya sudah kembali ke 15 menit,” kata Tiko saat ditemui di Jakarta pada Rabu (1/11/2023).

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membongkar penyebab LRT Jabodebek yang bermasalah hingga belasan trainset masuk bengkel.  

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan telah melakukan kajian terkait penyebab roda LRT yang aus. 

Berdasarkan temuan inspektur Kemenhub ditemukan pengikisan atau aus pada ruas-ruas jalur tertentu. Hal ini dinilai menjadi penyebab roda kereta LRT mengalami aus meski baru beroperasi tidak lebih dari 3 bulan. 

"Kami tengah melakukan pemeriksaan roda dan kondisi rel untuk mengatasi hal tersebut,” ungkap Risal dalam keterangan resminya.

Adapun, selama proses perawatan 18 trainset berlangsung, waktu kedatangan antar kereta atau headway LRT Jabodebek akan disesuaikan. Secara rinci, headway untuk rute Harjamukti/Jatimulya - Cawang pp adalah 30 menit dan Cawang-Dukuh Atas pp 15 menit. 

Sementara itu, untuk jam non sibuk (off peak hours) headway untuk rute Harjamukti/Jatimulya - Cawang pp adalah 60 menit dan Cawang-Dukuh Atas pp 30 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper