Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awas! Jebakan Utang China di Proyek Kereta Cepat Jakarta Surabaya

Pemerintah Indonesia perlu hati-hati dalam mengawal proyek Kereta Cepat Jakarta Surabaya yang kembali digarap China agar tidak kena jebakan utang jumbo.
Lorenzo Anugrah Mahardhika,Rio Sandy Pradana
Rabu, 1 November 2023 | 09:00
Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim./ Dok. KCIC
Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim./ Dok. KCIC

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia kembali mengandalkan China untuk menggarap proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Padahal, sebulan yang lalu argo cicilan utang Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan nilai total Rp78,31 triliun mulai berjalan.

Seperti diketahui, proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung menelan investasi jumbo hingga US$7,2 miliar atau setara Rp114,6 triliun. Nilai investasi tersebut sebelumnya telah mengalami pembengkakan biaya (cost overrun) sebesar US$1,2 miliar (Rp19,1 triliun) dari target awal biaya proyek sebesar US$6 miliar (Rp95,5 triliun). 

Indonesia mendapatkan pinjaman dari China Development Bank (CBD) untuk proyek tersebut sekitar 75% atau sekitar Rp66,85 triliun.

Adapun, 60% dari pembengkakan biaya atau sekitar US$720 juta (Rp11,46 triliun) akan dibayarkan oleh konsorsium dari Indonesia, sementara 40% sisanya atau sekitar US$480 juta (Rp7,64 triliun) ditanggung oleh konsorsium China.

Total nilai utang pihak Indonesia dalam proyek Kereta Cepat WHOOSH itu mencapai Rp78,31 triliun. Nantinya, utang tersebut akan dicicil selama 30 tahun dengan bunga yang masih dinegosiasikan dengan China hingga di bawah 4%.

Jika menilik ke belakang, selain biaya pembangunan yang membengkak, nilai investasi dari China ternyata lebih mahal dari apa yang ditawarkan oleh Jepang pada 2015.

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung sebenarnya pertama kali diajukan oleh Jepang. Nilai investasi yang ditawarkan saat itu mencapai US$6,2 miliar. Skemanya, 75% akan dibiayai oleh Jepang dari pinjaman bertenor 40 tahun dan bunga 0,1% per tahun.

Proposal pembangunan kereta cepat dari Jepang diajukan saat itu ke pemerintah Presiden Joko Widodo melalui Japan International Cooperation Agency (JICA).

Namun, di tengah proses lobi dengan Jepang, tiba-tiba China muncul dan melakukan studi kelayakan untuk proyek yang sama. Hal itu juga mendapat sambutan baik dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kala itu, Rini Soemarno.

China menawarkan nilai investasi yang lebih murah dan siap menggarap dengan skema business to business tanpa perlu jaminan dari pemerintah. Berbeda dengan Jepang yang tidak mau jika tanpa jaminan dari pemerintah.

Kali ini, China berhasil menangkap proyek Kereta Cepat Jakarta Surabaya tanpa adanya pesaing dari Jepang atau negara lain.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, masuknya China untuk menggarap perpanjangan kereta cepat dipastikan setelah adanya penandatanganan kesepakatan antara China dan Indonesia belum lama ini.

"Ini baru mulai membuat studinya. Kemarin kita dari China menandatangani kesepakatan untuk melakukan joint study dengan China Railway," jelas pria yang akrab disapa Tiko saat Konferensi Pers Aquabike di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta pada Selasa (31/10/2023).

Knedati demikian, Tiko enggan menyebutkan nilai investasi untuk perpanjangan proyek kereta cepat tersebut. Dia juga tidak menyebut secara terperinci terkait besaran bunga yang disepakati untuk pengerjaan proyek ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper