Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra (CTRA) Targetkan Bangun 3.000 Unit Rumah di Citra Maja Raya Tahun Depan

PT Ciputra Development Tbk. (CTRA) bakal membangun 3.000 unit rumah di kawasan Citra Maja Raya, Lebak, Banten pada 2024. Berapa investasinya?
Citra Maja Raya/citramaja.com
Citra Maja Raya/citramaja.com

Bisnis.com, LEBAK - PT Ciputra Development Tbk. (CTRA) bakal membangun 3.000 unit rumah di kawasan Citra Maja Raya, Lebak, Banten pada 2024.

Managing Director Ciputra Group, Budiarsa Sastrawinata, menuturkan hingga saat ini pihaknya telah berhasil menjual 21.000 unit rumah sejak pertama kali dibangun pada akhir 2014.

"Target kita tahun depan kalau bisa 3.000 unit, soalnya kita akan mulai buka lagi Citra Maja Raya 3, sedangkan Citra Maja Raya 1 dan 2 kita sudah jual 21.000 unit," kata Budiarsa dalam konferensi pers di Lebak, Banten, Senin (30/10/2023).

Lebih lanjut, Budiarsa menekankan, nilai investasi pada proyek Citra Maja Raya 3 diperkirakan tak jauh berbeda dengan nilai investasi pada Citra Maja Raya 1 dan 2 yakni senilai Rp2 triliun.

Guna menunjang fasilitas umum Citra Maja Raya, CTRA juga mengucurkan dana sebesar Rp20 miliar untuk pembangunan rumah ibadah berupa Masjid dan Gereja Bersama di Citra Maja Raya. Di mana, proyek pembangunan rumah ibadah tersebut resmi dimulai pada hari ini, Senin (30/10/2023). 

"Masjid kita rencanakan biayanya hampir Rp11 miliar mungkin ke Rp12 miliar kalau sampe parkir-parkirannya. Kalau Gereja hampir Rp8 miliar, jadi sampai Rp20 miliar untuk masjid sama gereja," tuturnya.

Sementara itu, mengacu pada tabel rencana, proses konstruksi Masjid dan Gereja bersama ini ditargetkan akan berlangsung selama 1 tahun ke depan. Sehingga, dia berharap masyarakat dapat segera memanfaatkan fasilitas umum tersebut.

"Kita targetkan setahun maksimum (proses konstruksinya), kalau bisa lebih cepat ya kita senang, warga juga bisa langsung memanfaatkan secepatnya," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Lebak, Iti Octavia Jayabaya juga menjelaskan bahwa proses pembangunan rumah ibadah yang diinisiasi oleh Ciputra telah mengantongi sejumlah persyaratan yang dibutuhkan.

Dengan demikian, proses pembangunan rumah ibadah tersebut ke depan diharapkan tidak akan menghadapi aksi-aksi penolakan dari masyarakat setempat.

"Hari ini kita melakukan peletakan batu pertama, sudah melalui proses artinya bahwa proses pembangunan ini persyaratan dan administrasinya sudah memenuhi. baik memenuhi rekomendasi FKUB termasuk juga rekomendasi Kementerian Agama Kabupaten Lebak," tegasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Citra Maja Raya merupakan perumahan skala kota dengan konsep pengembangan transit oriented development (TOD) yang hanya berjarak 500 meter dari stasiun KRL commuter line Maja. 

Sebagai informasi, Kawasan Maja telah ditetapkan pemerintah menjadi 1 dari 10 pembangunan kota baru di Indonesia pada 2015 melalui RPJM Nasional 2015-2019. 

Seiring dengan hal itu, pembangunan Citra Maja Raya disesuaikan dengan Renstra Kementerian PUPR 2020-2024, dengan fokus pada pengembangan perumahan. 

Mengusung konsep The Integrated New Town, Citra Maja Raya akan mengembangkan lahan seluas 2.600 hektare. Sementara itu, hunian yang ditawarkan di tahun ini akan berkisar direntang harga Rp208 jutaan untuk rumah 1 lantai dan Rp500 jutaan untuk hunian 2 lantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper