Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Sebut Indonesia Berpotensi Kekurangan Stok Beras

Ketua Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) DKI Jakarta Nellys Soekidi mengatakan Indonesia berpotensi kekurangan beras akibat El Nino.
Buruh melakukan bongkar muat karung berisi beras di Gudang Bulog Divre Jawa Barat di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Senin (30/1/2023). Bisnis/Rachman
Buruh melakukan bongkar muat karung berisi beras di Gudang Bulog Divre Jawa Barat di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Senin (30/1/2023). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) DKI Jakarta Nellys Soekidi mengatakan Indonesia berpotensi kekurangan beras akibat kemarau panjang. Kementerian Pertanian memprediksi produksi beras defisit 1,2 juta ton karena kemarau panjang yang melanda.

"Bukan hanya Indonesia, tapi dunia sedang krisis pangan juga karena fenomena krisis iklim," katanya, Senin (23/10/2023). 

Dia mengungkapkan pentingnya penggilingan padi serta stabilisasi harga beras di tengah fenomena El Nino yang menyebabkan kemarau panjang.

Sebagai pelaku usaha, Perpadi berencana menyusun langkah bagaimana harga beras stabil serta kemandirian pangan. Lebih dari 700 peluruh pelaku usaha beras yang tergabung dalam Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Indonesia menggelar rapat kerja nasional di Hotel Diamond, Solo, pada 23-25 Oktober di Solo, Jawa Tengah. Rapat tersebut digelar di tengah gonjang-ganjing harga beras.

Karena itu, Nellys mengapresiasi langkah cepat pemerintah Jokowi dalam mengamankan pasokan beras di Indonesia dengan mendatangkan komoditi itu dari negara lain. Tujuannya agar harga tak meloncat di pasaran.

"Beberapa waktu lalu harga sempat naik karena enggak ada berasnya. Sekarang harganya turun, berkat kebijakan Jokowi," kata pedagang beras Pasar Induk Cipinang ini.

Menurut laman resmi Pasar Induk Beras Cipinang, harga beras di angka Rp 12.825 per kilogram per 23 Oktober 2023. Harga tersebut turun dibandingkan bulan September yang menyentuh Rp 13.222 per kilogram.

Dia menilai dengan adanya operasi pasar yang dilakukan dengan baik oleh pemerintah dan pelaku usaha, harga beras di Cipinang turun.

"Fakta di lapangan turunnya hingga lebih dari Rp 1.000 per kilogram," ungkapnya.

Selain membahas stabilisasi beras, Rakernas juga menghadirkan pameran alat-alat penggilingan terbaru. Di rapat itu pelbagai teknologi soal perberasan dipamerkan oleh beberapa produsen.

Dalam agenda, Rakernas Perpadi kali ini berencana dihadiri oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Badan Pangan Nasional sekaligus plt Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi, dan Direktur Utama PT Berdikari Syarkawi Rauf.

"Pak Syarkawi datang bahas stabalisasi harga telur dan daging menanggulangi stunting," kata Nellys.

Hadirnya pelbagai stakeholder, Nellys mengatakan bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait isu perberasan. Tujuannya satu, yaitu untuk kemandirian pangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper