Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jusuf Hamka Siap Terlibat Pembangunan Jalan Tol di IKN

Bos pengelola jalan tol CMNP Jusuf Hamka berkomitmen untuk turut berkontribusi mendukung pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN).
Ilustrasi pembangunan jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR
Ilustrasi pembangunan jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Bos pengelola jalan tol PT Citra Marga Nusaphala Tbk. (CMNP) Jusuf Hamka berkomitmen untuk turut berkontribusi mendukung pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dia menyampaikan bahwa ke depannya, pihaknya tak ragu-ragu untuk turut membangun Jalan Tol di sekitar area kawasan penyangga IKN.

"IKN ini menurut saya ke depannya juga bagus. Tetapi saya ini kan bukan bagian properti enggak bangun hotel dan rumah sakit, saya bangun jalan tol. [Kalau pemerintah] minta jalan tol saya masuk," tuturnya kepada awak media di Jakarta, dikutip Minggu (8/10/2023).

Jusuf Hamka juga tidak menampik akan membangun sejumlah sarana prasarana lainnya guna mendukung pembangunan IKN di atas tanah miliknya yang berlokasi di Palaran, Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

"Bagian dari CMNP, saya punya tanah di situ. Di daerah Palaran kurang lebih ada 76 (hektare). Karena memang orang tua saya memang putra daerah Kaltim, jadi kalaupun mau bangun tanahnya tidak usah beli saya, saya pakai di pinggir sungai," tambahnya.

Seiring dengan masifnya pembangunan IKN, Jusuf Hamka mengapresiasi kinerja pengembangan infrastruktur pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Dia menilai, pembangunan infrastruktur telah dilakukan secara merata. Mulai dari pembangunan infrastruktur jalan tol, pelabuhan, bandara, hingga pengadaan waduk guna memasok kebutuhan air baku di sejumlah daerah.

"Kalau buat proyek pembangunan, pernah saya lewati dari zaman Bung Karno, Pak Harto, Pak Habibie itu enggak ada ini spiritnya cepat begini. Kalau ini ibaratnya mobil kategorinya mobil Ferrari seri," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, proyek IKN memang belakangan tengah dikebut pembangunannya seiring dengan mandat Jokowi yang hendak melaksanakan Upacara Kemerdekaan ke-79 pada 2024 mendatang di IKN.

Di mana, progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap I dilaporkan telah terealisasi separuhnya mencapai 49,42 persen.

"Progres batch 1 per 14 September sudah mencapai 49,4218 persen," jelas Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga.

Secara lebih rinci, Danis juga mengungkapkan bahwa terdapat setidaknya 4 proyek yang akan rampung pada tahun ini. Ke-empatnya tersebut di antaranya Embung Mentawir, Hunian Pekerja Konstruksi, Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sungai Sepaku.

Sejalan dengan mulai rampungnya berbagai fasilitas dasar di IKN, sejumlah investor swasta belakangan mulai ramai melaksanakan groundbreaking.

Salah satunya yakni konsorsium Agung Sedayu Group (ASG) yang diketuai oleh Sugianto Kusuma telah memulai proyek konstruksi pembangunan Hotel Nusantara di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) pada 21 September 2023 lalu.

Kemudian, sejumlah proyek yang telah groundbreaking di antaranya, pembangunan training center oleh PSSI, RS Abdi Waluyo, hingga pembangunan hotel bintang 4 oleh Vasanta Group.

Sementara itu, PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) juga dikabarkan bakal segera melaksanakan proses groundbreaking di IKN pada November 2023 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper