Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Prioritaskan Pembangunan Zona Integritas Pelabuhan

Kemenhub menjadikan pembangunan zona integritas pada kawasan pelabuhan sebagai prioritas utama.
Pekerja memindahkan semen ke atas kapal di Pelabuhan Makassar, Sulsel, Senin (16/5). /BISNIS.COM
Pekerja memindahkan semen ke atas kapal di Pelabuhan Makassar, Sulsel, Senin (16/5). /BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjadikan pembangunan zona integritas pada kawasan pelabuhan sebagai prioritas utama. Baru-baru ini Pelabuhan Makassar telah berhasil menjadi zona integritas dan meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan, Arif Toha Tjahjagama mengatakan zona integritas adalah komitmen untuk menciptakan wilayah birokrasi yang bersih dan melayani dengan baik.

Selain itu, lanjutnya, zona integritas merupakan bagian integral dari upaya percepatan reformasi birokrasi, sejalan dengan grand design reformasi birokrasi nasional 2010-2025, road map reformasi birokrasi 2020-2024, strategi nasional pencegahan korupsi, dan rencana pembangunan jangka menengah nasional.

"Pembangunan zona integritas pada kawasan pelabuhan merupakan prioritas utama bagi instansi pemerintah yang memiliki unit di kawasan tersebut," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (6/10/2023).

Dia menuturkan reformasi birokrasi adalah langkah awal untuk menciptakan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Adapun, predikat WBK dan WBBM bukanlah tujuan akhir.

Menurutnya, diperlukan upaya berkelanjutan, monitoring, dan evaluasi untuk memastikan keberlanjutan perbaikan birokrasi.

Sementara itu Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemen PAN-RB Erwan Agus Purwanto mengatakan Kawasan WBK atau WBBM, merupakan predikat yang diberikan kepada suatu kawasan yang seluruh unit kerja dalam kawasan yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan baik serta memenuhi indikasi bebas dari korupsi, pelayanan publik publik yang prima, kinerja yang baik, dan terdapat keterpaduan/integritas proses bisnis layanan antar unit kerja yang ada di kawasan.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Makassar, Hernadi Tri Cahyanto, menjelaskan bahwa kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk CIQ (Custom, Immigration, and Quarantine), KPP Bea Cukai TMPB, dan instansi terkait lainnya, telah menjadi kunci.

Dalam kawasan Pelabuhan Makassar, terdapat tujuh instansi, beberapa di antaranya telah meraih predikat WBK Nasional, dan upaya terus dilakukan untuk memastikan seluruh unit kerja mencapai standar integritas yang tinggi.

"Semua pihak diajak untuk terus menjaga integritas guna menciptakan Island of Integrity di Kawasan Pelabuhan Makassar," ujarnya.

Di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, tujuh unit kerja untuk membangun zona integritas WBK/WBBM di antaranya Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar, Balai Besar Karantina Pertanian Makassar, Kantor Imigrasi Kelas I Makassar, KPPBC Tipe Madya Pabean B Makassar, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar, dan Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper