Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenyamanan Sekelas Pesawat, Ini Kelebihan Layanan KA Suite Class

PT KAI meluncurkan layanan terbaru kereta Suite Class Kompartemen yang dirangkaikan dengan Kereta Legendaris Bima jurusan Jakarta-Surabaya.
PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan layanan terbaru kereta mewah dengan nama Kereta Suite Class Kompartemen - BISNIS/Gajah Kusumo
PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan layanan terbaru kereta mewah dengan nama Kereta Suite Class Kompartemen - BISNIS/Gajah Kusumo

Bisnis.com, JAKARTA – Ada kabar seru buat kamu yang gemar traveling dengan kereta api. Mulai pertengahan Oktober 2023, PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali meluncurkan layanan terbaru kereta mewah miliknya dengan nama Kereta Suite Class Kompartemen.

PT Kereta Api Indonesia (KAI), yang dimasinisi oleh Didiek Hartyanto selaku Direktur Utama BUMN perkeretapian nasional, kembali melakukan inovasi dengan meluncurkan layanan terbaru Kereta Suite Class Kompartemen.

Layanan kereta Suite Class Kompartemen ini semakin melengkapi, tiga layanan terbaru sebelumnya, seperti Kereta Priority, Kereta Luxury, dan Kereta Panoramic.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartyanto, mengatakan PT KAI berkomitmen untuk memberikan dan meningkatkan layanan terbaiknya bagi para pengguna kereta api di Indonesia.

"Yang terbaru dan akan beroperasi secara komersial pada pertengahan Oktober ini adalah Suite Class Kompartemen. Kereta ini akan dirangkaikan dengan Kereta Bima jurusan Stasiun Gambir (Jakarta)-Stasiun Gubeng (Surabaya)," kata Didiek di sela-sela acara Joy Ride Suite Class Kompartemen dari Stasiun Gambir hingga Stasiun Cirebon, Rabu (4/10/2023).

Gerbong Suite Class Kompartemen yang akan dirangkaikan dengan Kereta Biru Malam atau lebih dikenal dengan Kereta Bima (Surabaya-Jakarta) dan Kereta Argo Semeru (Jakarta- Surabaya) ini berisikan 16 kompartemen vip yang terbagi 8 kompartemen di sisi kiri dan 8 kompartemen di sisi kanan.

Kereta bernuansa mewah dengan sejumlah fasilitas layanan ekslusif tersebut menawarkan privasi eksklusif dan kenyamanan sekelas pesawat kelas satu bagi para panggunanya.

Berikut layanan dan fasilitas mewah yang terdapat pada KA Suite Class Kompartemen:

1. Kursi Pintar

Fitur-fitur yang akan memanjakan para penumpang di Kereta Suite Class Kompartemen tersebut salah satunya yaitu kursi yang dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur.

Kursi tersebut dapat diputar (revolving) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api.

Adapun, kursi di kereta ini juga memiliki sandaran kaki yang dapat diluruskan sehingga pelanggan dapat relaks. Seluruh fungsi pengaturan kursi tersebut dilakukan melalui fitur panel sentuh.

Yang paling menarik tentu saja adalah fungsi massage dengan tiga pengaturan, yaitu Full Air, Circulate, dan Release.

"Yang membuat Kereta Suite Class Kompartemen lebih spesial adalah masing-masing kursi kereta sudah disematkan fitur panel sentuh untuk pengontrolan kursi seperti reclining dan revolving. Sehingga pelanggan dengan sangat mudah mengatur mode kursinya. Bahan kursinya pun terbuat dari kulit rusa premium yang sangat lembut," ujar Didiek.

2. Layanan Hiburan Sekelas Pesawat

Terdapat pula Train Onboard Infotainment System yang dapat digunakan pelanggan untuk mengisi waktu luang selama perjalanan.

Train Entertainment System yang ditawarkan oleh kereta Suite Class Kompartemen PT KAI, diantaranya Live TV, Movie, Music, Weather, Navigation, dan Rain Info.

Fitur-fitur tersebut bisa diakses melalui perangkat tablet berukuran 10 inch yang bisa diputar menyesuaikan dengan posisi duduk.

3. Pintu dan Tirai Elektrik

Kereta Suite Class Kompartemen didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal. Dalam 1 kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan, di mana tiap ruangan tersebut, telah terpasang pintu geser yang dapat digerakkan secara elektrik.

Selain itu, tirai penutup jendela juga dapat digerakkan aecara elektrik.

Pengaturan pendingin ruangan juga bisa dilakukan di dalam setiap kompartemen melalui sebuah kontrol pengatur individual.

4. Desain Ruangan Mewah Berkelas

Desain ruangan yang menarik dengan warna soft dan pencahayaan yang hangat, memberikan efek kenyamanan agar pelanggan lebih betah untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Tak ketinggalan, Kereta Suite Class Kompartemen juga dilengkapi dengan toilet yang pastinya mewah juga dan lebih luas ketimbang toilet kereta eksekutif.

5. Layanan Call dan F&B

PT KAI juga menyematkan fitur call button di setiap kompartemen Kereta Suite Class Premium bagi penumpang untuk menghubungi pramugari kereta yang sedang bertugas jika hendak membutuhkan bantuan.

Selain itu, pelanggan akan mendapatkan sajian makanan yang istimewa, di mana sajian yang didapatkan pelanggan Kereta Suite Class Kompartemen tidak akan kalah dengan hidangan yang di maskapai penerbangan.

"Kami mau memberikan experience baru buat para pelanggan kereta api. Dengan kereta suite class kompartemen ini, fasilitas yang kami berikan akan setara dengan first class pada maskapai penerbangan," kata Didiek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Gajah Kusumo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper