Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarif Kereta Suite Class Setara Kelas Bisnis Pesawat, Intip Keunggulannya

Harga tiket Kereta Suite Class Compartment hampir setara dengan tiket pesawat kelas bisnis. Lalu, apa saja keunggulannya?
PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan layanan terbaru kereta mewah dengan nama Kereta Suite Class Kompartemen - BISNIS/Gajah Kusumo
PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan layanan terbaru kereta mewah dengan nama Kereta Suite Class Kompartemen - BISNIS/Gajah Kusumo

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah resmi meluncurkan layanan terbarunya bernama Kereta Suite Class Compartment.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, Kereta Suite Class Compartment merupakan upaya perseroan menghadirkan pengalaman baru yang setara dengan first class maskapai penerbangan, baik dari sisi kenyamanan ataupun makanan yang disajikan.

Didiek mengatakan, pada tahap awal layanan, KAI memberikan tarif promo Kereta Suite Class Compartment dengan harga Rp1,95 juta. Tiket promo ini akan diberlakukan pada periode 10-31 Oktober 2023.

Adapun, tarif tersebut lebih mahal dibandingkan dengan tarif pesawat. Berdasarkan informasi harga tiket pada Traveloka, Rabu (11/10/2023), harga tiket pesawat kelas ekonomi untuk rute Jakarta-Surabaya dibanderol pada kisaran Rp947.000 hingga Rp1,05 juta untuk keberangkatan Kamis (12/10/2023).

Sementara itu, harga tiket promo kereta suite class sedikit lebih murah dibandingkan dengan tiket pesawat business class. Harga tiket penerbangan kelas bisnis rute Jakarta-Surabaya dilansir dari Traveloka terpantau pada kisaran Rp2,19 juta hingga Rp3,49 juta

Terkait hal tersebut, Didiek menjelaskan, setiap moda transportasi punya keunggulannya masing-masing. Dia mengatakan, salah satu keunggulan kereta api adalah ketepatan waktu perjalanan.

Didiek mengatakan, tingkat ketepatan waktu perjalanan kereta api saat ini sudah mencapai 99 persen alias nyaris sempurna.

"Sekarang ketepatan waktu perjalanan itu sudah 99 persen, bahkan kadang-kadang mencapai 99,6 persen. Ini merupakan salah satu nilai jual," ujarnya di Stasiun Gambir, Jakarta, dikutip Rabu (11/10/2023).

Dia mencontohkan, waktu tempuh kereta dengan rute Jakarta-Yogyakarta sekitar 6 jam dijamin akan tepat waktu, baik untuk keberangkatan maupun ketibaannya di tujuan.

Lebih lanjut, Kereta Suite Class juga memiliki pelayanan yang menjanjikan kenyamanan bagi para penumpang. Salah satu nilai jual kereta Suite Class menutur Didiek adalah eksklusivitas karena kereta ini hanya berkapasitas 16 orang yang masing-masing memiliki kompartemen tersendiri.

Didiek menuturkan, Kereta Suite Class Compartment didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal. Dalam 1 kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan. Di setiap ruangan tersebut terpasang pintu geser yang dapat digerakkan secara otomatis.

Didiek menambahkan, kursi pada kereta Suite Class dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur. Kursi tersebut dapat diputar (revolving) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api.

Selain sudut kemiringan sandaran kepala, kaki, dan badan, tingkat kehangatan dari kursi ini juga bisa diatur. Kursi ini juga memiliki fitur pijat yang bisa diatur untuk berbagai teknik pijatan. Pada kursi ini juga ada baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja.

Selain itu, pada masing-masing kompartemen telah terpasang Train Onboard Infotainment System berisi aneka film populer, musik dengan berbagai genre, hingga kanal televisi nasional yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan. Pelanggan juga akan mendapatkan layanan makanan berupa hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, serta aneka minuman dan berbagai layanan spesial lainnya.

"Nanti dalam layanan kulinernya juga kita setarakan dengan kelas bisnis pesawat," kata Didiek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper