Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Bahlil Beberkan Rencana Groundbreaking Lagi di IKN

Menteri Bahlil menuturkan ada investor swasta yang siap melakukan groundbreaking di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa terdapat satu investor swasta yang telah siap melakukan groundbreaking di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada November 2023.

"Nanti November [akan ada groundbreaking lanjutan], saya lapor dulu ke pak presiden," tuturnya saat ditemui di Kompleks DPR RI, Senin (2/10/2023).

Informasi tersebut kemudian menjurus pada rencana PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) yang akan membangun sejumlah hotel mewah bersama dengan Mariott International.

"ya, [Pakuwon] salah satu di antaranya," jelasnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Pakuwon memang menjadi investor swasta pioner yang telah mengungkapkan minat investasinya untuk menyuntik IKN.

Dalam perkembangan terbarunya, hingga akhir Agustus 2023 lalu progres investasi PWON di IKN masih menunggu konfirmasi atas alokasi lahan, dan kontribusi penyediaan sarana penghubung dengan transportasi umum (Bus Interchange).

Sementara itu, pada pertengahan September 2023 lalu, PWON mengumumkan bahwa pihaknya bakal menggandeng Marriott International untuk membangun tiga hotel mewah di IKN. 

Tiga hotel yang akan dibangun tersebut yakni Westin, Four Points, dan Tribute Portofolio. Adapun, kedua perusahaan tersebut juga telah menandatangani kesepakatan kerja sama pada Rabu (13/9/2023).

Sebelumnya, Direktur Utama Pakuwon Jati, Alexander Stefanus Ridwan Suhendra, menjelaskan bahwa rencana pembangunan tiga hotel ini merupakan bagian dari komitmen PWON membangun mixed-use di IKN.

"Pembangunan ini merupakan bagian dari mixed-use punya Pakuwon di IKN nanti dan akan dilakukan bersamaan dengan tahapan pembangunan IKN yang sedang berlangsung,” kata Alexander.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper