Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Ramal Harga Gula Industri Bakal Meroket Imbas Larangan Ekspor India

Pengusaha makanan dan minuman mulai memprediksi adanya kenaikan harga gula industri atau rafinasi yang akan semakin tinggi awal 2024.
Alat khusus pengangkat mengatur tumpukan karung berisi gula rafinasi di salah satu pabrik di Makassar, Sulsel, beberapa waktu lalu./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Alat khusus pengangkat mengatur tumpukan karung berisi gula rafinasi di salah satu pabrik di Makassar, Sulsel, beberapa waktu lalu./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Pengusaha makanan dan minuman mulai memprediksi adanya kenaikan harga gula industri atau rafinasi yang akan semakin tinggi awal 2024. Proyeksi tersebut dipicu oleh rencana India untuk melarang ekspor pada Oktober 2023.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) Adhi S. Lukman, mengatakan meskipun India bukan negara utama asal impor gula bagi Indonesia, namun berhentinya stok dari India dapat berdampak pada harga rafinasi global.

"Sedikit saja satu negara melarang, itu akan sangat berpengaruh terhadap harga," kata Adhi saat ditemui baru-baru ini di ICE BSD, Tangerang.

Kondisi tersebut pun menjadi hal yang berat bagi para pelaku industri makanan dan minuman, terkhusus persoalan harga bahan baku yang melonjak sehingga menyebabkan harga jual produk yang tinggi. 

Sementara itu, dari sisi ketersediaan pasokan gula industri, Adhi optimistis tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Sebab, ada banyak negara pangsa impor lainnya seperti Thailand, Brasil hingga Australia.

"Sekarang saja harga gula rafinasi ini sudah jauh lebih mahal dari harga gula konsumsi, untuk di level pabrik. Harganya sekarang rafinasi sekitar Rp13.000 per kg lebih, sementara harga konsumsi Rp12.500 per kg," tuturnya.

Dalam kondisi normal, harga gula industri di bawah Rp10.000 per kg. Dengan adanya lonjakan harga yang tinggi, para pengusaha kini tengah memutar otak untuk mengantisipasi bahan baku yang semakin mahal.

"Prediksi saya, gula rafinasi tahun depan naik lagi, mungkin tak sebesar tahun ini, mungkin sekitar Rp14.000 atau lebih," imbuhnya. 

Kondisi kenaikan harga bahan baku makanan dan minuman yang terus meningkat, maka kondisi tersebut akan berimbas pada harga jual produk jadi mamin yang diprediksi akan naik 10 persen. 

Sebelumnya, dikutip dari Reuters, Minggu (17/9/2023) India akan melakukan pembatasan ekspor pada sejumlah pangan, salah satunya larangan ekspor gula yang akan berlaku mulai Oktober 2923. Hal ini menjadi yang pertama kalinya dilakukan India setelah 7 tahun mengekspor komoditas tersebut. 

Pelarangan tersebut dilakukan akibat kurangnya curah hujan sehingga mengurangi hasil tebu dalam negeri. Sehingga, mereka tidak memiliki cukup gula untuk dialokasikan pada kuota ekspor. 

"Fokus utama kami adalah memenuhi kebutuhan gula lokal dan memproduksi etanol dari kelebihan tebu," kata sumber pemerintah India yang tak ingin disebutkan namanya, melansir Reuters. 

Adapun, India hanya mengizinkan pabrik gula untuk mengekspor 6,1 juta ton gula selama musim berjalan hingga 30 September, usai membiarkan mereka menjual 11,1 juta ton gula pada musim lalu. 

Hujan monsun di distrik penghasil tebu terbesar di negara bagian Barat Maharashtra dan negara bagian selatan Karnataka berada 50 persen di bawah rata-rata sepanjang 2023. Adapun daerah ini menyumbang lebih dari setengah total produksi gula India.  

Kondisi hujan yang tak merata ini akan mengurangi produksi gula pada 2023/2024 dan bahkan mengurangi penanaman pada 2024/2025, menurut seorang pejabat industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper