Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumber Kekayaan Tomy Winata, Sosok di Balik Pengembangan Pulau Rempang

PT MEG, anak perusahaan Grup Artha Graha milik Tommy Winata mendapatkan konsesi 80 tahun di Pulau Rempang. Dari mana saja sumber kekayaan Tommy Winata.
Bos Artha Graha Group Tomy Winata/JIBI
Bos Artha Graha Group Tomy Winata/JIBI

2. PT Jakarta International Hotels & Development Tbk. (JIHD)

PT Jakarta International Hotels and Development Tbk. (JIHD) didirikan pada November 1969 dan mulai beroperasi pada bulan Maret 1974 dengan pembukaan Hotel Borobudur.

Dalam laporannya JIHD diketahui pertama kali melantai di bursa pada 1984, dan menjadi salah satu dari 24 perusahaan pertama yang terdaftar di Indonesia.

Mengutip laporan porsi kepemilikan saham JIHD periode Juni 2023, Tomy Winata duduk sebagai salah satu pemegang saham mayoritas dengan menggenggam kepemilikan sebanyak 306,24 juta saham atau 13,15 persen dari total saham beredar.

3. Bank Artha Graha Internasional Tbk. (INPC)

Tak hanya di sektor properti, TW juga terjun ke bisnis sektor keuangan melalui PT Bank Artha Graha Internasional Tbk. (INPC).

Untuk diketahui, Bank Artha Graha pertama kali berdiri pada 1973 dengan nama PT Inter-Pacific Financial Coorporation. Di mana, perusahaan ini kemudian melakukan merger PT Bank Artha Graha pada 14 April 2005.

Adapun, status kepemilkan Tomy Winata di INPC merupakan kepemilikan tidak langsung usai sejumlah perusahaan miliknya menggenggam porsi kepemilikan saham di bank ini.

Di ketahui, bersama dengan pengusaha Aguan, Tomy Winata membangun 5 perusahaan yang saat ini statusnya merupakan pemegang saham INPC. Kelimanya yaitu PT Pirus Platinum Murni dengan porsi kepemilikan sebesar 6,73 persen, PT Cerana Artha Putra dengan kepemilikan 6,54 persen, PT Puspita Bisnispuri 5,38 persen, PT Arthamulia Sentosajaya 4,15 persen dan PT Karya Nusantara Permai sebesar 3,52 persen.

4. PT Mega Elok Graha (MEG)

PT Mega Elok Graha merupakan anak perusahaan Grup Artha Graha milik Tomy Winata. Di mana, saat ini MEG memiliki hak mengelola lahan pada proyek Rempang Eco-City.

Adapun, MEG terlibat pengembangan Rempang terhitung sejak 2004. Di mana, perusahaan ini diberikan konsesi selama 80 tahun atau berakhir pada 2084 mendatang.

5. PT Artha Graha Grup

PT Arta Graha Grup merupakan perusahaan konglomerasi milik Tomy Winata yang membawahi 43 perusahaan yang bergerak pada beragam sektor baik pariwisata, perhotelan, hingga pelayanan teknik.

Beberapa di antaranya yakni PT Sumber Agro Semesta, PT Multiagro Pangan Lestari, PT Harmoni Nirwana Lestari, PT Danatel Pratama, PT Artha Telekomindo hingga SCBD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper