Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Dorong PBB Ciptakan Perdamaian Dunia, Ini Jawaban Antonio Guterres

Sekjen PBB Antonio Guterres mengawali pandangannya dengan mengapresiasi berbagai aksi Jokowi demi kepentingan perdamaian dunia.
Sekjen PBB Antonio Guterres menghadiri KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center, Rabu (6/9/2023). Media Center KTT Asean 2023.
Sekjen PBB Antonio Guterres menghadiri KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center, Rabu (6/9/2023). Media Center KTT Asean 2023.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong agar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dapat lebih menggalakkan langkah-langkah solutif dan taktis dalam menciptakan perdamaian dunia.

Hal ini disampaikan olehnya saat melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres di di Ruang Kakatua, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan pada Kamis (7/9/2023).

“Saya sangat prihatin dengan situasi global saat ini, sehingga merupakan harapan bagi kami agar PBB makin bersemangat untuk menciptakan perdamaian dunia,” ujarnya dalam pertemuan itu..

Menurutnya langkah kemitraan antara Asean—PBB sangat diperlukan untuk menjaga perdamaian dan untuk mengatasi masalah-masalah penting di wilayah tersebut termasuk, konflik politik di Myanmar.

Jokowi juga menilai bahwa selama ini ASean terus mendorong untuk memberikan kontribusi bagi kawasan Indo-Pasifik melalui implementasi Asean Outlook on the Indo-Pacific (AOIP).

"Mengenai Indo-Pasifik, Asean kembali berikan kontribusi melalui Asean Outlook on the Indo-Pacific yang diterjemahkan dalam kerja sama konkret," imbuhnya.

Menanggapi pandangan Jokowi, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Guterres mengawali pandangannya dengan mengapresiasi berbagai gelagat yang ditujukan Jokowi demi kepentingan perdamaian dunia.

Menurutnya, segala upaya diplomatik yang luar biasa dari Indonesia tentunya dalam jangka panjang ke depan tidak hanya akan memengaruhi kerangka kerja Asean, tetapi juga global.

Dia melanjutkan berbagai narasi dan sikap yang dicontohkan Jokowi dan Indonesia sebagai pemegang Presidensi Asean 2023 dan sebagai Presiden G20 di Bali pada 2022 merupakan contoh luar biasa dari kombinasi diplomasi yang sangat terampil dengan bidang yang mengarah pada prinsip-prinsip, termasuk Piagam PBB.

Antonio melanjutkan bahwa PBB menganggap bahwa Indonesia merupakan mitra yang sangat berperan bagi PBB dengan berbagai narasi dalam pembangunan berkelanjutan, aksi iklim, hak asasi manusia.

“Kami bertekad untuk berdiri sebanyak mungkin, salah satunya melalui kerjasama kami dengan Indonesia dan kerja sama kami dengan Asean. Selamat Tuan Presiden karena Anda benar-benar memiliki kepemimpinan yang luar biasa yang mewakili Asean selama periode ini,” pungkas Antonio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper