Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LRT Jabodebek Resmi Beroperasi, Dibuka untuk Umum Jam 14.00 WIB

LRT Jabodebek beroperasi hari ini. Masyarakat umum dapat mencoba kereta ini mulai pukul 14.00 WIB.
Rangkaian kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) melintasi jembatan lengkung di kawasan Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Rangkaian kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) melintasi jembatan lengkung di kawasan Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - LRT Jabodebek akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus memulai masa operasionalnya pada hari ini, Senin (28/8/2023). Masyarakat umum dapat naik transportasi umum terbaru ini mulai pukul 14.00 WIB.

Rencananya, Kepala Negara akan meresmikan LRT Jabodebek di Stasiun Cawang, Jakarta. Berdasarkan akun Instagram resmi LRT Jabodebek @lrt_jabodebek, masyarakat sudah dapat menggunakan moda transportasi ini mulai pukul 14.00 WIB. 

"Masyarakat yang ingin menggunakan LRT Jabodebek hari ini dapat menikmatinya pukul 14.00 WIB," demikian kutipan akun tersebut, Senin (28/8/2023).

Adapun, LRT Jabodebek juga menetapkan jam perjalanan terakhir untuk hari ini. Secara rinci, perjalanan terakhir rute Harjamukti-Dukuh Atas pukul 16.49 WIB. Kemudian, perjalanan terakhir Dukuh Atas-Harjamukti pukul 17.49 WIB.

Kemudian, perjalanan terakhir Dukuh Atas-Jati Mulya pukul 17.38 WIB, dan Jati Mulya-Dukuh Atas pada pukul 16.40 WIB. 

Sebelumnya, Pemerintah menetapkan tarif promo bagi masyarakat yang menggunakan LRT Jabodebek sebesar Rp5.000 untuk seluruh lintas perjalanan. 

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menjelaskan promo tarif tersebut berupa diskon sebesar 78 persen. Tarif Promo ini mulai diberlakukan sejak LRT Jabodebek diresmikan sampai dengan akhir September 2023. 

"Selain tarif flat Rp5.000, skema selanjutnya yang disiapkan yaitu pengenaan tarif maksimal Rp20.000, untuk jarak terjauh dan di bawah Rp 20.000 untuk selain jarak terjauh," katanya. 

Dia menuturkan tarif promo LRT Jabodebek diberikan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, serta untuk memperkenalkan LRT Jabodebek kepada masyarakat.

Melalui pemberian tarif promo ini, Adita berharap promo tarif LRT Jabodebek akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan fasilitas-fasilitas pada LRT Jabodebek telah siap digunakan.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan untuk menunjang kenyamanan para pelanggan saat berada di stasiun LRT Jabodebek, telah dilengkapi dengan fasilitas akses berupa eskalator, tangga, dan lift, toilet, ruang menyusui, musala, ruang kesehatan, Passenger Information Display System (PIDS), passenger announcement, dan CCTV.

“Pemerintah dan KAI juga berupaya menghadirkan stasiun LRT Jabodebek yang ramah disabilitas dengan menghadirkan lift, gate, toilet khusus disabilitas serta tactile. Dengan hadirnya fasilitas tersebut diharapkan dapat mempermudah pelanggan disabilitas dalam melakukan mobilitas menggunakan LRT Jabodebek,” kata Joni. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper