Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Bayar Tiket LRT Jabodebek, Pakai E-Money hingga QRIS

Berikut cara bayar tiket LRT Jabodebek pakai E-money hingga QRIS jelang beroperasi 28 Agustus 2023.
Kendaraan melintas di dekat rangkaian gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) di Jakarta, Minggu (2/10/2022). Bisnis/Suselo Jati
Kendaraan melintas di dekat rangkaian gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) di Jakarta, Minggu (2/10/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA – Masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya sebentar lagi akan memiliki moda transportasi massal baru, yakni LRT Jabodebek yang mulai meluncur per 28 Agustus 2023.

Kehadiran LRT Jabodebek nantinya akan menjadi yang ketiga untuk moda transportasi sejenis. Sebelumnya, Indonesia juga telah memiliki LRT Jakarta dan LRT Palembang yang masing-masing telah beroperasi sejak 2019 dan 2018.

Rencananya, LRT Jabodebek akan diresmikan pada Senin (28/8/2023) oleh Presiden Joko Widodo. Pada tanggal tersebut, LRT Jabodebek juga akan memulai masa operasi komersialnya atau commercial operation date (COD).

Bagaimana cara bayar Tiket LRT Jabodebek?

EVP of Corporate Secretary PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji menjelaskan, masyarakat dapat menggunakan LRT Jabodebek dengan mudah. 

Dia memaparkan, LRT Jabodebek mendukung pembayaran menggunakan sistem cashless seperti menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) perbankan. Beberapa KUE perbankan yang dapat digunakan untuk menggunakan LRT Jabodebek adalah Brizzi BRI, Tapcash BNI, E-money Bank Mandiri, e-blink Bank BTN, Flazz BCA, dan Jakcard Bank DKI Jakarta. 

“Selain itu, masyarakat juga bisa menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) KAI Commuter, Scan Qris Link Aja dan KAI Pay,” jelas Agus dikutip dari keterangan resminya, Jumat (25/8/2023).

Agus menambahkan, masyarakat yang kehabisan saldo atau belum membawa kartu uang elektronik, LRT Jabodebek juga menyediakan 2 unit Ticket Vending Machine untuk top up kartu uang elektronik. Selain itu, LRT Jabodebek juga menyediakan loket penjualan kartu uang elektronik di setiap stasiun.

Setelah memiliki kartu uang elektronik atau dompet digital, pelanggan dapat menuju gate untuk melakukan Tap In di stasiun keberangkatan. Setelah berhasil tap in, pelanggan bisa menuju peron yang sesuai dengan tujuan perjalanan. Saat kereta tiba, masuklah kereta dengan tertib dan dahulukan penumpang yang turun.

Setibanya di stasiun tujuan, pelanggan dapat melakukan tap out kartu uang elektronik atau dompet digital di gate yang tersedia, selanjutnya saldo kartu uang elektronik atau dompet digital otomatis terpotong.

Untuk layanan Tapping pada LRT Jabodebek, KAI telah memasang 14 gate tipe Turnstile dan 2 gate tipe Wide untuk pelanggan disabilitas di masing-masing stasiun. 

Khusus pada Stasiun Halim, KAI menggunakan gate tipe Flap untuk memudahkan pelanggan yang akan atau telah menggunakan pesawat.

“Stasiun LRT Jabodebek terkoneksi dengan transportasi lain seperti Commuterline, MRT Jakarta, TransJakarta, Mikrotrans, Kereta Cepat Jakarta Bandung, Trans Patriot, angkutan kota, dan angkutan umum swasta,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper