Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo Catatkan Pertumbuhan Kinerja Non Peti Kemas

Pada Semester I/2023, , tercatat arus bongkar muat komoditas curah cair yang ditangani Pelindo mencapai 13,5 juta Ton
Aktivitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (22/6/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Aktivitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (22/6/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA- PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai Subholding BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang mengelola segmen terminal non petikemas di Indonesia mencatatkan pertumbuhan positif pada kinerja operasional perusahaan pada Semester I/2023.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami menuturkan pada Semester I/2023, hingga Juni 2023, tercatat arus bongkar muat komoditas curah cair mencapai 13,5 juta Ton, mengalami peningkatan sebesar 38 persen jika dibandingkan periode yang sama pada 2022.

“Komoditas curah kering juga mengalami peningkatan 13 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan angka bongkar muat curah kering mencapai 25,5 juta ton,” terangnya melalui keterangan resmi, Kamis (24/8/2023).

Sementara itu, arus bongkar muat general cargo tercatat mencapai 7,7 juta Ton, mengalami peningkatan besar sebesar 29 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022. Demikian juga melalui komoditas gas yang terealisasi sebesar 6,1 juta MMBTu (Metric Million British Thermal Unit), tumbuh 17 persen dibandingkan dengan pada tahun sebelumnya.  

Tak hanya itu itu, arus bongkar muat peti kemas yang dilayani SPMT sepanjang 2023 tercatat mencapai 219,422 TEUs atau tumbuh sebesar 22 persen dibandingkan dengan pada 2022. Di sisi lain, arus kendaraan yang dilayani oleh PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk mencapai 736.876 Unit, meningkat 36 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin membaik pada 2023 ini serta didukung dengan proses transformasi yang terus berjalan di internal perusahaan, kami optimis kinerja Pelindo Multi Terminal akan terus meningkat di tahun ini dan dapat memenuhi harapan para pemegang saham,” imbuhnya.

Setahun pasca integrasi Pelabuhan Indonesia, PT Pelindo Multi Terminal telah mengambil sejumlah langkah aksi korporasi sepanjang 2022 melalui pengoperasian 10 cabang Pelabuhan di Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Selain itu, terdapat inbreng saham anak perusahaan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk dan PT Pelabuhan Tanjung Priok, serta dijalankannya tahapan proses transformasi dan digitalisasi layanan operasional di seluruh pelabuhan yang dikelola SPMT.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper