Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Menteri Teten Bikin Koperasi Simpan Pinjam RI Go International

Menkop UKM Teten Masduki menyampaikan upaya meningkatkan kinerja koperasi simpan pinjam agar bisa go international.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki./ BISNIS - Dwi Rachmawati
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki./ BISNIS - Dwi Rachmawati

Bisnis.com, BADUNG - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan kerja sama dengan Timor Leste di sektor pengembangan UMKM berpotensi meningkatkan kinerja industri jasa keuangan dalam negeri.

Sebagaimana diketahui, dalam rangkaian Asean Inclusive Business Summit 2023, Menkop Teten bertemu dengan Sekretaris Negara untuk Koperasi Timor Leste, Arsenio Pereira da Silva membahas rencana MoU kerja sama pengembangan UMKM antar kedua negara. 

Nantinya, dalam kerja sama tersebut, Teten menyebut koperasi simpan pinjam (KSP) Indonesia bakal turut menyediakan fasilitas pinjaman untuk UMKM di Timor Leste.

"[Berpotensi] bangetlah. Untuk pembiayaan nanti dengan Timor Leste dikerjasamakan dengan koperasi simpan pinjam yang sudah banyak di NTT [Nusa Tenggara Timur]. Akan kita perlebar KSP-nya go international," ujar Teten saat ditemui di kawasan Nusa Dua, Kamis (24/8/2023).

Selain menyediakan fasilitas pembiayaan, Indonesia juga menawarkan pelatihan kepada UMKM di Timor Leste. Teten menyebut ada tiga pelatihan yang ditawarkan kepada Timor Leste yakni kelembagaan small farmer (kelembagaan petani kecil), koperasi dan pendampingan standarisasi produk. 

Adapun untuk produk UMKM Timor Leste yang akan dikembangkan adalah komoditas pertanian. Teten mengatakan dengan menerapkan standarisasi produk maka UMKM di Timor Leste mampu masuk ke dalam pasar domestik dan global.

Sementara itu, Sekretaris Negara untuk Koperasi Timor Leste, Arsenio Pereira da Silva mengatakan Timor Leste mengharapkan Indonesia dapat bekerja sama memberikan pelatihan dan pendampingan dalam bidang pengembangan kapasitas UMKM di Timor Leste.

Arsenio mengatakan Timor Leste memandang Indonesia telah mengalami kemajuan pesat di sektor UMKM. Oleh karena itu, dia berharap Indonesia bisa membantu mereka untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan di sana.

"Jadi bagaimana [Indonesia] melatih terutama bisnis kecil di Timor Leste, para wanita, pemuda, bagaimana supaya dengan kreativitas mereka bisa meningkatkan ekonomi di Timor Leste," ucap Arsenio. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper