Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Dapat Rp7,6 Triliun dari Bank Dunia Cs, 2 PLTU Batu Bara Siap Pensiun!

Kementerian Keuangan mengatakan Indonesia telah mendapat suntikan dana sebesar US$500 juta dari Bank Dunia Cs untuk pensiun dini PLTU batu bara.
PLTU Cirebon-1 dengan kapasitas 660 megawatt (MW) yang berlokasi di Jawa Barat rencananya akan dipensiunkan lebih awal melalui skema energy transition mechanism. Dok cirebonpower.co.id
PLTU Cirebon-1 dengan kapasitas 660 megawatt (MW) yang berlokasi di Jawa Barat rencananya akan dipensiunkan lebih awal melalui skema energy transition mechanism. Dok cirebonpower.co.id

Bisnis.com, JAKARTA –  Pemerintah Indonesia meraih pendanaan dari dana investasi iklim dari Bank  sebesar US$500 juta atau setara dengan Rp7,6 triliun (dengan asumsi kurs Rp15.300 per dolar AS) melalui skema Energy Transition Mechanism (ETM) Country Platform yang akan digunakan untuk percepatan pensiun dini pembangkit listrik tenaga uang (PLTU) batu bara. 

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyampaikan bahwa mengatakan bahwa pendanaan lunak tersebut masih bisa meningkat hingga US$4 miliar atau Rp61,2 triliun. 

“Dana ini akan ditingkatkan hingga US$4 miliar oleh Bank Dunia, Asian Development Bank [ADB], dan pihak-pihak lain, termasuk pemerintah Indonesia,” katanya dalam Seminar Workshop on Energy Transition Mechanism (ETM) Implementation, Rabu (23/8/2023).

Febrio menjelaskan, dari jumlah yang disetujui tersebut, prioritas pemerintah dalam jangka pendek akan difokuskan pada percepatan pensiunan dini dua proyek PLTU batu bara dengan total 1,7 gigawatt. 

Meski demikian, dia tak menampik bahwa tantangan utama hingga saat ini, yaitu masih minimnya keterlibatan sektor swasta. Selain itu, dia mengatakan juga masih dibutuhkan pembiayaan murah dari aliran dana konsesi.

“Semakin rendah pricing pembiayaan konsesional yang diperoleh negara, maka semakin besar fleksibilitas yang dimiliki negara tersebut untuk mengembangkan mekanisme yang dapat memastikan risiko kredit yang dapat diterima dan juga transisi yang adil bagi investor, pemberi pinjaman, dan semua pihak yang terkait,” imbuhnya. 

Febrio menyampaikan, sebagai negara berkembang, Indonesia telah mengambil peran yang sangat penting dalam transisi energi, menuju ekonomi rendah karbon.

Berdasarkan dokumen Nationally Determined Contribution (NDC), Indonesia telah menaikkan target penurunan emisi menjadi 31,89 persen pada 2030 dengan upaya sendiri dan dengan bantuan internasional 43,20 persen. 

“NDC yang disempurnakan ini menunjukkan ambisi Indonesia yang lebih, yang akan selaras dengan strategi jangka panjang rendah karbon dan ketahanan iklim 2050 dengan visi untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060 atau lebih awal,” jelasnya.

Febrio menambahkan masih dibutuhkan pendanaan yang besar pendanaan iklim yang besar untuk mencapai target tersebut, yaitu mencapai US$281 miliar pada 2030. Jumlah tersebut tentunya akan dipenuhi oleh investasi publik dan swasta, seiring dengan investasi yang diperkirakan terus meningkat

Suntik Mati PLTU Batu Bara Cirebon-1

Sebelumnya diberitakan Bisnis, pendanaan pensiun dini atau ‘suntik mati’ PLTU Cirebon-1 di Jawa Barat oleh Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) bakal diputuskan Oktober tahun ini. Dana yang dibutuhkan untuk pensiun dini PLTU Cirebon-1 mencapai Rp4,5 triliun. 

Keputusan itu akan menjadi acuan apakah ‘suntik mati’ PLTU batu bara di Indonesia layak dibiayai oleh bank pembangunan multilateral tersebut. 

Senior Communications Specialist Department of Communications ADB Neil Hickey mengatakan studi kelayakan (feasibility study) pembiayaan pensiun dini PLTU Cirebon-1 di Jawa Barat di bawah program Energy Transition Mechanism (ETM) masih berlangsung sejak nota kesepahaman (MoU) pendanaan pensiun dini pembangkit listrik berkapasitas 660 megawatt itu diteken saat KTT G20 Bali.

“Butuh waktu sekitar 12 bulan untuk studi kelayakan sampai proyek dinyatakan financial close atau tidak,” katanya kepada Bisnis di sela-sela Pertemuan Tahunan ke-56 ADB di Incheon, Korea Selatan pada Mei 2023. 

Dia menjelaskan PLTU Cirebon-1 akan menjadi semacam kasus uji (test case) apakah PLTU batu bara lain di Indonesia dapat didanai oleh ADB di bawah skema ETM.

Sebagai informasi, ETM merupakan pembiayaan campuran untuk mengakselerasi transisi dari energi fosil ke energi bersih oleh ADB bersama dengan pemerintah, investor swasta, filantropis, dan investor jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper