Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anggaran PUPR Tembus Rp146,98 Triliun di APBN Terakhir Jokowi

Di APBN terakhir Jokowi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan alokasi pagu anggaran sebesar Rp146,98 triliun.
Proyek perbaikan jalan - Dok. Kementerian PUPR
Proyek perbaikan jalan - Dok. Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan alokasi pagu anggaran sebesar Rp146,98 triliun pada tahun 2024. 

Adapun, total pagu anggaran PUPR di akhir era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengalami kenaikan 17,37 persen dari tahun lalu, sebesar Rp125,22 triliun. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan alokasi dana APBN ini akan digunakan untuk menuntaskan seluruh pekerjaan konstruksi program TA 2024. 

"Sehingga infrastruktur tersebut dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Basuki dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (16/8/2023). 

Adapun, Basuki menerangkan prioritas utama program TA 2024 yaitu Multi Years Contract (MYC), OPOR [Operasi, Pemeliharaan, Optimalisasi, dan Rehabilitasi] dan direktif Presiden. 

Target prioritas pembangunan infrastruktur tahun 2024 di antaranya yaitu pembangunan 23 unit bendungan yang terdiri dari 1 bendungan baru yaitu Pelosika Sultra 7 On Going yaitu Cibeet, Cijurey, Karangnongko, Cabean, Jenelata, Riam Kiwa, Mbay.

Lalu, 15 bendungan yang akan diselesaikan yaitu Keureuto, Rukoh, Sidan, Leuwikeris, Jlantah, Meninting, Marangkayu, Bulango Ulu, Jragung, Way Apu, Budong Budong, Manikin, Bagong, Bener, Tigadihaji.

Dalam hal ini, proyek prioritas lainnya termasuk  revitalisasi Danau meliputi Danau Teloko, Danau Tondano, dan lainnya.

Dari proyek pembangunan, Basuki menargetkan  irigasi seluas 4 000 hektar dapat diselesaikan pada 2024 yang mencakup DI Lhok Guci, DI Jambo Aye, DI Komering, dan DI Slinga. 

Terdapat proyek irigasi yang memerlukan rehabilitasi dan peningkatan irigasi seluas 38 000 hektar seperti di DI Rentang, DI Rengrang, DI Cihaur, DI Glapan, dan DI Saddang.

Di samping itu, program prioritas TA 2024 yaitu pembangunan Jalan Tol melalui dukungan pemerintah sepanjang 19,36 km. Adapun, proyek tol yang akan dikebut yakni ruas Tol Serang-Panimbang, Tol Semarang-Demak, dan Bayung Lencir-Tempino. 

"Pembangunan Jalan Tol melalui BUJT/ pihak lain sepanjang 526,77 km yaitu Tol Kayu Agung-Palembang-Betung, Padang-Pekanbaru (Bangkinang Pangkalan), Serang Panimbang Seksi 2, Solo- Yogyakarta-NYIA Kulonprogo Paket 1-2, Akses IKN, Probolinggo Banyuwangi (Gending Besuki), Akses Patimban, dan Gilimanuk Mengwi Seksi 2-3," paparnya. 

Selanjutnya, pembangunan dan peningkatan SPAM dengan kapasitas 2 985 Liter/ detik yang akan dirampungkan 2024 yakni SPAM Bintang Bano Kab. Sumbawa Barat, SPAM IKK Gunung Sitoli. 

Tak hanya itu, terdapat perluasan SPAM sebanyak 20.638 SR (Sambungan Rumah) pada SPAM Regional Jatiluhur I Kabupaten Karawang-Bekasi, SPAM Regional Burana Titab Bawah Bali (Segmen Pangkung Paruk-Pengulon) dan SPAM Berbasis Masyarakat di 1.183 Desa berupa kegiatan PAMSIMAS.

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan, pihaknya juga akan melanjutkan penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (dan kegiatan strategis lainnya seluas 352 hektare. 

Adapun, proyek yang disasar dapat selesai 2024 yakni KSPN Bromo Tengger-Semeru Tahap II dan III, Kawasan Malalayang dan Bunaken Tahap 2, Dieng, Kab Wonosobo, serta penyiapan Kawasan IKN Sumbu Kebangsaan Tahap II dan Sumbu Tripraja Kawasan Beranda Nusantara.

Dari sisi perumahan, PUPR akan membangun 2.585 unit rumah susun 45.872 unit bantuan rumah swadaya, dan pembangunan PSU 820 unit perumahan MBR. 

"Program Padat Karya dilanjutkan melalui pelaksanaan P3TGAI, preservasi Jalan dan Jembatan Revitalisasi Drainase Jalan, Pamsimas Sanimas KOTAKU, PISEW yang ditargetkan akan menyerap 308.000 tenaga kerja," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper