Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengurus Apindo 2023-2028 Resmi Dikukuhkan, Ini Susunan Lengkapnya

Nama Pandu Sjahrir Hingga Axton Salim masuk dalam daftar susunan pengurus baru Apindo 2023-2028.
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta W. Kamdani memberikan paparan saat acara Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) APINDO 2023-2028 di Jakarta, Senin (31/7/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta W. Kamdani memberikan paparan saat acara Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) APINDO 2023-2028 di Jakarta, Senin (31/7/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Jajaran pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) periode 2023-2028 resmi dikukuhkan pada Senin (31/7/2023) di Hotel Kempinski, Jakarta.

Pengukuhan dilakukan sebagai tindak lanjut hasil keputusan Musyawarah Nasional XI pada 14-15 Juni 2023 lalu. Pengukuhan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, sejumlah menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju, Dewan Pertimbangan Presiden, duta-duta besar negara sahabat, kepala daerah, serta lebih dari seribu pengusaha dari beragam sektor.

Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani mengatakan generasi baru Apindo mengusung semangat inklusivitas dengan memadukan komposisi kalangan pengusaha serta profesional yang diharapkan dapat memperkuat konsolidasi internal sebagai organisasi yang sudah berdiri sejak 71 tahun lalu.

Shinta mengatakan bahwa Apindo sebagai wadah pengusaha berkomitmen untuk berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia lewat program-program unggulan.

“Kita memasuki era baru kepemimpinan Apindo, yang akan menjadi tonggak sejarah transformasi Apindo dengan menghasilkan sejumlah program unggulan sebagai upaya kami mengakselerasi pemulihan ekonomi untuk pembangunan nasional,” ujar Shinta.

Apindo juga meluncurkan sejumlah program kerja unggulan, yaitu Kolaborasi Inklusif Pengusaha Atasi Stunting (KIPAS Stunting) dan UMKM Merdeka.

Shinta menjelaskan bahwa program pengentasan stunting merupakan komitmen nyata Apindo untuk tidak hanya berfokus mengatasi tantangan multidimensional yang dihadapi pelaku usaha dalam rangka mendorong percepatan transformasi dan pertumbuhan ekonomi nasional, melainkan juga untuk menyiapkan generasi emas tanah air yang unggul agar siap menjadi tenaga kerja handal di masa yang akan datang.

Sementara itu, program UMKM Merdeka adalah kontribusi Apindo untuk membekali lulusan perguruan tinggi dengan kemampuan kerja dan mendorong pertumbuhan kewirausahaan mahasiswa, serta mensinergikannya dengan kebutuhan UMKM akan pendampingan usaha dengan tujuan scaling-up UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Pada kepengurusan baru Apindo periode 2023-2028, pimpinan dari sejumlah leading sector tanah air memperkuat kolaborasi dan sinergi kepengurusan Apindo kali ini. Pengusaha senior, Sofjan Wanandi juga termasuk dalam jajaran kepengurusan sebagai Ketua Dewan Petimbangan Apindo.

Selain itu, Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia Mari Elka Pangestu diangkat sebagai Ketua Dewan Pakar. Kepengurusan juga membentuk Dewan Kewirausahaan sebagai next generation Apindo yang terdiri atas pemimpin-pemimpin muda tanah air.

Berikut susunan lengkap pengurus Apindo 2023-2028:

1. Ketua Umum: Shinta W. Kamdani

2. Wakil Ketua Umum: Sanny Iskandar, Eddy Hussy, Franky Sibarani

3. Sekretaris Umum: Aloysius Budi Santoso

4. Bendahara Umum: Soegianto Nagaria

5. Ketua Organisasi: Anthony Hilman

6. Ketua Bidang Ketenagakerjaan: Bob Aza,

7. Ketua Bidang Investasi: Pandu Sjahrir

8. Ketua Bidang Kebijakan Publik: Sutrisno Iwantono

9. Ketua Bidang Industri Manufaktur: Bobby Gafur Umar

10. Ketua Bidang UMKM: Ronald Walla

11. Ketua Bidang Hubungan Internasional: Catharina Widjaja

12. Ketua Bidang Perdagangan: Anne Patricia Sutanto

13. Ketua Bidang Infrastruktur: Denon Prawiraatmadja

14. Ketua Bidang Pehubungan dan Logitik: Carmelia Hartoto 

15. Ketua Bidang Properti dan Kawasan Ekonomi: Haryanto Adikoesoemo

16. Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Maulana Yusran

17. Ketua Bidang Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan: Arif Rahmat

18. Ketua Bidang Industri Perikanan dan Peternakan: Hendra Sugandhi

19. Ketua Bidang ESDM: Eka Satria

20. Ketua Bidang Industri Kesehatan: Irawati Setiady

21. Ketua Bidang Industri Perbankan dan Jasa Keuangan: Tigor M. Siahaan

22. Ketua Bidang Digital: Neneng Goenadi

23. Ketua Bidang Pembangunan Keberlanjutan/SDGs: Axton Salim

24. Ketua Industri Pendidikan dan Keterampilan/Pelatihan: Arini Subianto

25. Ketua Hubungan Antar Lembaga: Sarman Simanjorang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper