Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Ruang Perkantoran RI Mulai Menggeliat, Ini Buktinya!

Cushman & Wakefield melaporkan pemulihan pasar industri perkantoran di Indonesia mengalami tren positif sepanjang paruh pertama 2023.
Jajaran gedung perkantoran di Jakarta, Senin (24/8/2020). Bisnis/Abdurachman
Jajaran gedung perkantoran di Jakarta, Senin (24/8/2020). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Geliat pemulihan pasar industri perkantoran dilaporkan mengalami tren positif sepanjang paruh pertama 2023. Adapun, kondisi tersebut tak terlepas seiring dengan adanya pemulihan pascapandemi Covid-19.

Director Strategic Consulting Indonesia Cushman & Wakefield Arief Rahardjo menuturkan bahwa total penyerapan bersih per Juni 2023, tembus menjadi yang tertinggi semenjak terjadi pandemi pada 2019 lalu.

"Tanda positif pemulihan permintaan terus berlanjut seperti yang ditunjukkan oleh penyerapan bersih sebesar 69.900 meter persegi, yang tercatat selama kuartal kedua tahun 2023 dan merupakan tingkat penyerapan tertinggi yang pernah tercatat sejak kuartal ketiga tahun 2019," terang Arief dalam risetnya, Jumat (28/7/2023).

Arief melanjutkan, sebagian besar dari peningkatan penyerapan bersih tersebut masih berasal dari okupansi oleh pemilik gedung kantor yang sudah ada.

Adapun, berdasarkan lini bisnisnya, perusahaan teknologi tercatat paling dominan mendorong pertumbuhan di pasar bisnis perkantoran di Indonesia saat ini.

Sementara dari sisi segmen gedung, kantor Grade A dan Grade B dilaporkan membukukan penyerapan bersih positif sepanjang paruh pertama 2023, sedangkan kantor Grade C masih mengalami penurunan tingkat penyerapan.

"Tingkat hunian rata-rata pasar kantor CBD meningkat sebesar 1,2 persen menjadi 72 persen pada akhir Juni 2023," tambahnya.

Kendati mulai menunjukkan geliat positif, Cushman & Wakefield melaporkan bahwa harga sewa dasar rata-rata dan biaya layanan ruang perkantoran dalam rupiah tidak mengalami peningkatan dan relatif stabil.

Dengan perincian, hingga Juni 2023, harga sewa dasar rata-rata berada di level Rp159.100 per meter persegi tiap bulannya. Sementara itu, biaya layanan juga dilaporkan stabil parkir di level Rp91.600 per meter persegi tiap bulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper