Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsorsium Pertamina dan Posco Resmi Kelola WK Bunga

Konsorsium PT Pertamina Hulu Energi North East Java dan PT Posco International ENP Indonesia (Posco ENP) resmi mengelola wilayah kerja (WK) Bunga.
Gedung Pertamina./Istimewa
Gedung Pertamina./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Konsorsium PT Pertamina Hulu Energi North East Java dan PT Posco International ENP Indonesia (Posco ENP) resmi mengelola wilayah kerja (WK) Bunga selama 30 tahun ke depan melalui penandantangan kontrak kerja sama (KKS) saat pembukaan IPA Convex ke-47 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Selasa (25/07/2023). 

KKS WK Bunga yang menggunakan bentuk Kontrak Bagi Hasil Cost Recovery tersebut ditandatangani oleh Direktur Posco ENP, Jeon-Hyeok Lee dan Direktur PT Pertamina Hulu Energi North East Java, Endro Hartanto serta Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto.

Proses penandatanganan KKS WK Bunga disaksikan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Wiko Migantoro dan Direktur Utama Posco International Corporation Tak-Jeong.

Direktur Utama PHE, Wiko Migantoro, mengatakan penandatanganan KKS WK Bunga mempertegas komitmen PHE untuk meningkatkan portofolio dan menemukan sumber daya domestik baru melalui eksplorasi menyusul pengelolaan aset eksplorasi WK East Natuna dan WK Peri Mahakam yang telah ditandatangani pada tahun yang sama.

"Pengelolaan WK Bunga sekaligus menjadi wujud nyata bagi PHE untuk meningkatkan kapabilitas dalam pengelolaan aset laut dalam. Selain itu, PHE siap untuk bermitra secara strategis yang lebih luas dengan Posco yang mana pengelolaan WK Bunga merupakan first entry bagi Posco di usaha hulu migas di Indonesia,” kata Wiko lewat siaran pers, Rabu (26/7/2023). 

Pemerintah telah menetapkan PT Pertamina Hulu Energi North East Java dan Posco ENP sebagai pengelola WK Bunga dengan participating interest masing-masing sebesar 50 persen dan Posco ENP sebagai operator. 

WK Bunga berlokasi di laut dalam lepas pantai Jawa Timur dengan area seluas 8.500 km2 dan total investasi Komitmen Pasti 3 tahun pertama masa eksplorasi sebesar US$4 juta yang meliputi kegiatan studi G&G serta akuisisi dan processing data seismik 3D seluas 350 km2.

Kemitraan Posco dan PHE diawali dengan pelaksanaan studi bersama (joint study) Wilayah Bunga pada 2021-2022 dengan penemuan beberapa prospek potensi eksplorasi yang tinggi sebelum wilayah tersebut diikutsertakan dalam Lelang Penawaran Langsung Tahap II Tahun 2022. 

Konsorsium Posco dan PHE ditetapkan sebagai pemenang Lelang Penawaran Langsung WK Bunga oleh pemerintah pada 21 Februari 2023. 

Dengan penandatanganan KKS WK Bunga ini, Konsorsium akan melaksanakan studi G&G secara full scale untuk mengevaluasi potensi eksplorasi sebelum dilakukan pengeboran eksplorasi pertama.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjitpo mengatakan masuknya investasi baru di sektor hulu migas merupakan sebuah langkah yang sangat positif. Dia percaya bahwa adanya investasi ini akan memiliki dampak yang signifikan dalam percepatan produksi migas, sehingga dapat membantu pencapaian target yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Setelah WK Bunga ditandatangani, SKK Migas akan segera berkoordinasi dengan Kontraktor KKS untuk membahas program-program kerja yang akan dilaksanakan. Salah satu fokus utamanya adalah terkait dengan Komitmen Pasti,” kata Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper