Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Siapkan 6 Proyek Rusun KPBU Senilai Rp34,03 Tahun ini

Kementerian(PUPR) mengumumkan tahun ini terdapat 6 proyek pembangunan rumah susun (Rusun) dengan total nilai investasi mencapai Rp34,03 triliun.
Rusun Pasar Rumput di Jakarta./Kementerian PUPR
Rusun Pasar Rumput di Jakarta./Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) mengumumkan tahun ini terdapat 6 proyek pembangunan rumah susun (Rusun) dengan total nilai investasi mencapai Rp34,03 triliun.

Dalam laporannya, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna menjelaskan bahwa hanya 1 proyek yang masih masuk ke dalam tahap penyiapan. Sementara 5 lainnya diketahui telah masuk tahap transaksi dengan total nilai investasi Rp33,63 triliun.

"Untuk sektor perumahan memang masih dalam proses piloting. Saat ini yang masih dalam penyiapan adalah Rusun di kota surabaya Tambak Wedi," jelasnya dalam agenda rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi V, dikutip Selasa 11/7/2023).

Secara lebih terperinci, Pemerintah Daerah Surabaya nantinya akan menjadi penanggung jawab proyek kerja sama (PJPK) dalam pembangunan Rusun Kota SurabayaTambak-Wedi.

Adapun, total investasi Rusun Tambak Wedi dilaporkan sebesar Rp400 miliar yang meliputi pembangunan 3 tower dengan 1.080 unit.

Selanjutnya, untuk 5 proyek yang telah masuk ke tahap transaksi yakni, 5 tower (1.879 unit) Rusun Cisaranten Bina Harapan Kota Bandung dengan nilai ivestasi Rp600 miliar. 

Kemudian, Rusun Sewa Karawang Spuur yang memiliki nilai investasi Rp400 miliar. Rusun ini nantinya akan memiliki dua tower utama dengan total unit sebanyak 1.175 unit. Di samping itu, pemerintah juga akan membangun 1 tower Rusun Terintegrasi KEK SEI Mangkei yang terdiri dari 212 unit dengan nilai investasi Rp160 miliar.

Kemudian, ada Rusun IKN Hankam WP 1A dan Rusun ASN 1B - 155 Tower dan Rusun IKN North Government WP 1A - 6 Tower yang nilai investasinya masing-masing sebesar Rp30,8 triliun dan Rp1,67 triliun.

Lebih lanjut, sebanyak 4 proyek meliputi Rusun Kota Surabaya - Tambak Wedi, Rusun Cisaranten Bina Harapan Kota Bandung, Rusun Sewa Karawang Spuur dan Rusun Terintegrasi KEK Sei Mangkei akan dibangun menggunakan skema pembangunan menjadi prakarsa pemerintah (solicited project).

Sementara dua sisanya yakni Rusun IKN Hankam WP 1A dan Rusun ASN 1B - 155 Tower dan Rusun IKN North Government WP 1A - 6 Tower akan dibangun menjadi prakarsa badan usaha (unsolicited project). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper