Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Sektor Diproyeksi Jadi Pendorong Utama Inflasi Juni 2023

Kendati inflasi Juni 2023 diperkirakan menurun, namun terdapat dua sektor yang dinilai menjadi penopang data ekonomi tersebut.
Dua Sektor Diproyeksi Jadi Pendorong Utama Inflasi Juni 2023. /Bisnis - M. Faisal Nur Ikhsan
Dua Sektor Diproyeksi Jadi Pendorong Utama Inflasi Juni 2023. /Bisnis - M. Faisal Nur Ikhsan

Bisnis.com, JAKARTA – Laju inflasi tahunan pada Juni 2023 diperkirakan turun ke level terendah dalam setahun terakhir. Namun terdapat dua sektor yang digadang-gadang masih menjadi pendorong terjadinya inflasi pada bulan lalu.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal memperkirakan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Juni 2023 akan turun ke kisaran 3,44 hingga 3,54 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Sementara secara bulanan, inflasi IHK diperkirakan mencapai 0,1 hingga 0,2 persen (month-to-month/mtm).

“Inflasi Juni diperkirakan tetap rendah, secara month-to month di kisaran 0,1 hingga 0,2 persen, hanya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi Mei,” katanya kepada Bisnis, Minggu (2/7/2023).

Faisal mengatakan, pendorong utama inflasi pada periode tersebut diperkirakan berasal dari kelompok makanan dan minuman serta transportasi. Inflasi pada kedua sektor tersebut sebagian juga dipicu oleh momentum libur dan Iduladha.

Dengan demikian , tingkat inflasi secara tahun berjalan diperkirakan mencapai 1,2 hingga 1,3 persen (year-to-date/ytd) pada Juni 2023.

Menurut Faisal, tekanan inflasi ke depan masih berpotensi meningkat meski telah kembali ke kisaran target Bank Indonesia (BI) 2-4 persen.

Tekanan tersebut berasal dari ancaman El Nino yang akan mendorong kenaikan inflasi pangan volatile food.

Selain itu, Faisal menilai perlu diwaspadai juga rendahnya tingkat inflasi pada periode tersebut mengindikasikan pelemahan permintaan domestik.

Adapun, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), laju inflasi pada Mei 2023 telah turun mencapai batas atas target BI di tingkat 4 persen yoy.

Tingkat inflasi tersebut lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya yang sebesar 4,33 persen yoy, terutama dipicu oleh normalisasi permintaan setelah periode Ramadan dan Idulfitri.

Kelompok volatile food pada Mei 2023 secara tahunan mencatatkan inflasi sebesar 3,28 persen yoy, lebih rendah dibandingkan dengan inflasi pada April 2023 yang sebesar 3,74 persen yoy.  

Inflasi inti pada Mei 2023 juga tercatat rendah sebesar 2,66 persen yoy, dibandingkan dengan inflasi pada April 2023 sebesar 2,83 persen yoy.

Sementara itu, pada periode yang sama, kelompok harga yang diatur pemerintah atau administered prices mengalami inflasi sebesar 9,52 persen yoy, lebih rendah dari inflasi April 2023 sebesar 10,32 persen yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper