Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LRT Jabodebek Meluncur 18 Agustus, Ini Pekerjaan yang Belum Tuntas

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan progres proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek rute Jakarta - Bekasi jelang beroperasi mulai 18 Agustus 2023.
Rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di Depo LRT Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di Depo LRT Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi Light Rail Transit (LRT) Jabodebek rute Jakarta - Bekasi menjelang dioperasikan secara komersial pada 18 Agustus 2023. Dia menyebutkan pengerjaan sudah mencapai lebih dari 90 persen.

"Yang kita lakukan adalah pengujian secara dinamis atas rolling stock atau kereta-kereta dihubungkan dengan sinyal," ujar Budi saat ditemui awak media di Stasiun LRT Halim, Rabu (28/6/2023).

Budi menjelaskan, pengujian sinyal kereta tersebut penting lantaran LRT Jabodebek berjalan tanpa masinis atau pengemudi (driveless). Sejumlah pekerjaan tambahan, kata dia diperlukan untuk mengoperasikannya secara komersial.

"Kita akan tambah 2 trainset lagi. Ini dilakukan secara sistematis kolaboratif, karya anak bangsa, 40 persen TKDN," sebutnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kemenhub, Risal Wasal menyebut per Juni 2023, keseluruhan proses persiapan dan pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 95,09 persen. Adapun sejumlah pekerjaan masih tersisa, terutama terkait dengan kalibrasi sistem operasi. 

Menurut Risal, saat ini pihaknya juga tengah melakukan serangkaian pengujian untuk memastikan aspek keselamatan terpenuhi. Dengan begitu, izin operasi LRT Jabodebek dapat segera dikeluarkan.

"Kita harapkan prosesnya berjalan lancar dan sesuai target agar masyarakat bisa segera menikmati layanan LRT Jabodebek,” tuturnya dikutip dalam keterangan resmi, Rabu (28/6/2023).

Dia menargetkan izin operasi LRT Jabodebek dapat dikeluarkan pada bulan Juli 2023. Dengan begitu, dapat dilakukan ujicoba operasi atau soft launching, sebelum beroperasi secara komersial pada Agustus 2023.

Selain kesiapan operasional LRT Jabodebek, integrasi antarmoda antara layanan LRT Jabodebek dengan layanan moda transportasi lainnya juga tengah disiapkan. Sejumlah layanan moda transportasi lain yang akan terhubung dengan LRT Jabodebek, antara lain Transjakarta, bus kota, KRL, MRT, Jaklingko, angkot, dan moda lainnya.

Khusus di Stasiun LRT Halim akan terhubung dengan Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KJCB) dan beberapa moda lainnya seperti: Transjakarta, Royaltrans, serta taksi dan travel yang sudah disiapkan tempat pemberhentiannya secara khusus.

Sebagai informasi, pada pembangunan tahap 1 ini, LRT Jabodebek melayani tiga lintasan yaitu, Cawang – Cibubur, Cawang – Dukuh Atas, dan Cawang - Bekasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper