Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jajal LRT Jabodebek, Begini Reviu Jujur Menhub Budi Karya dan Heru Budi

Menhub Budi Karya Sumadi bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memberikan reviu jujur usai jajal LRT Jabodebek.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) saat jajal Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, Rabu (28/6/2023)./ Dok. Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) saat jajal Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, Rabu (28/6/2023)./ Dok. Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan inspeksi proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas hingga Stasiun Jatimulya di Bekasi, Jawa Barat dan kembali ke Stasiun LRT Halim.

Seperti diketahui, proyek LRT Jabodebek akan mulai beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023. Menhub mengatakan, sebelum beroperasi secara komersial, LRT Jabodebek akan diuji coba mulai 12 Juli hingga 17 Agustus 2023.

Dalam inspeksi tersebut, Budi mengatakan perjalanan dari Stasiun Dukuh Atas hingga Jatimulya dapat ditempuh lebih singkat dengan menggunakan LRT Jabodebek yaitu tercatat sekitar 43 menit. Selain itu, waktu tempuh perjalanan dari Stasiun Dukuh Atas ke Stasiun Harjamukti di Cibubur adalah 39 menit.

"Ini lebih cepat dibandingkan menggunakan kendaraan sekalipun lewat tol, yang waktu tempuhnya bisa sekitar dua jam. Dengan naik LRT mampu memangkas waktu sepertiganya. Ini angka yang signifikan," ujar Budi, Rabu (28/6/2023).

Menhub Budi menyebut bahwa LRT Jabodebek mampu mengangkut hingga 500.000 penumpang per hari. Menurutnya, jika digabung dengan penumpang KRL Jabodetabek sebanyak 1,2 juta penumpang, dengan begitu secara total akan ada 1,7 juta penumpang per hari yang diangkut menggunakan kedua angkutan massal tersebut.

Dia berujar, konektivitas angkutan massal yang lebih baik dapat meningkatkan jumlah masyarakat yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan massal.

"Karena ongkos yang harus dibayar tinggi sekali apabila menggunakan kendaraan pribadi. Kalau naik LRT bisa lebih murah, cepat, tidak macet dan bebas polusi," tuturnya.

Pada inspeksi tersebut, PJ Gubernur DKI Heru Budi Hartono mengaku mendukung penuh pembangunan LRT Jabodebek sebagai upaya mengurangi kemacetan di Ibu Kota dan sekitarnya.

"Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat yang bekerja dan beraktivitas di Jakarta dan sekitarnya. Mari kita manfaatkan bersama dan rawat dengan baik hasil karya anak bangsa," imbuhnya.

Sebagai informasi, pada pembangunan tahap 1 ini, LRT Jabodebek melayani tiga lintasan yaitu, Cawang – Cibubur, Cawang – Dukuh Atas, dan Cawang - Bekasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper