Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buruan Ikut! Masa Pendaftaran BISRA 2023 Ditutup 2 Hari Lagi

Masa pendaftaran Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (BISRA) 2023 akan berakhir pada Rabu (31/5/2023).
Pendaftaran Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2023 diperpanjang hingga 31 Mei 2023 / Bisnis Indonesia.
Pendaftaran Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2023 diperpanjang hingga 31 Mei 2023 / Bisnis Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Panitia Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (BISRA) 2023 memberikan kesempatan kepada perusahaan yang beroperasi di Indonesia untuk mendaftar jadi peserta ajang awarding tersebut hingga Rabu (31/5/2023).

Perusahaan yang beroperasi di Indonesia dituntut untuk melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (PKBL) atau juga sering disebut Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian dari kegiatan operasional entitas bisnis.

Ketua Panitia BISRA 2023, Irsad, mengatakan perusahaaan-perusahaan cukup antusias ikut dalam BISRA 2023 yang ditunjukkan oleh jumlah pendaftar sudah lebih dari 50 perusahaan dari berbagai sektor usaha, mulai dari manufaktor, pertambangan, ulititas, sektor industri keuangan, perkebunan, kehutanan, hingga perusahaan teknologi.

“Ya ini ada dua hari lagi, kesempatan untuk mendaftar jadi peserta. BISRA 2023 diharapkan bisa menjadi dorongan bagi perusahaan untuk menampilkan program CSR terbaik mereka. Kami menunggu bagi perusahaan yang punya minat untuk mengukur program CSR mereka,” ujar Irsad dalam siaran persnya, Senin (29/5/2023).

Sebagai informasi, perpanjangan masa pendaftaran peserta dilakukan setelah menerima banyak masukan dari calon peserta tentang jadwal pendaftaran BISRA 2023 yang dianggap telalu singkat.

“Karena alasan tersebut, kami memperpanjang masa pendaftaran menjadi 31 Mei 2023 sehingga calon peserta bisa menyiapkan diri dengan lebih baik untuk BISRA 2023. Saat ini sudah ada 48 perusahaan yang mendaftar,” ujar Irsad.

Untuk proses pendaftaran, peserta bisa melakukan pendaftaran secara online dengan alamat ke https://bit.ly/FormulirPendaftaranBISRA2023. Atau melakukan pendaftaran dengan mengubungi Bisnis Indonesia Gagaskreasitama di nomor 0858117263888.

Sementara itu, Chamdan Purwoko, Direktur Bisnis Indonesia Gagaskreasitama yang mengampu ajang BISRA 2023, menyatakan BISRA 2023 bisa menjadi momentum bagi perusahaan untuk menilai program CSR yang telah dilakukan sehingga bisa menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan di masa mendatang.

“Program CSR ini kan menjadi program wajib untuk dilaksanakan perusahaaan di Tanah Air. Jadi BISRA 2023 bertujuan untuk mendorong korporasi untuk melaksanakan program CSR secara bertanggung jawab dan memberikan manfaat maksimal bagi kelompok sasaran,” ujarnya.

Terkait dengan CSR, Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas, Vivi Yulaswati, mengatakan perusahaan yang menerapkan prinsip tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility berpotensi meningkatkan citra positif perusahaan di mata publik sekaligus melebarkan akses pasar.

Lebih jauh, menurutnya, potensi itu pada gilirannya mampu memperkuat brand perusahaan di mata masyarakat.

Menurutnya, prinsip corporate social responsibility (CSR) tidak melulu soal kegiatan sosial yang bersifat kuantitatif, tetapi bisa juga berbagai kegiatan dengan dampak signifikan bagi perubahan.

“Kami sangat berharap bahwa berbagai kegiatan CSR tentunya tidak hanya karena kewajiban yang diamalkan undang-undang tetapi CSR-CSR dengan peran besarnya dalam menyelesaikan beragam permasalahan sosial ekonomi dan lingkungan,” katanya, Rabu (12/4).

Vivi berharap perusahaan tidak hanya melakukan CSR demi menggugurkan kewajiban, tetapi juga berperan dalam membantu menyelesaikan sederet permasalahan yang ada di masyarakat.

Menurut Susanto Samsudin, National Director Humanity Indonesia Susanto Samsudin, merujuk survei Global Reporting Initiative, sebanyak 93 persen perusahaan yang menerapkan prinsip Economic, Social and Governance (ESG) akan mendapat keuntungan pendapatan.

Dalam surveinya, Allianz dan Ipsos, juga menemukan 79 persen investor lebih senang melakukan investasi perusahaan yang berhubungan dengan ESG.

Sementara itu, Dian R Sutiono juga menyatakan BISRA 2023 mengukur perusahaan yang memiliki kualifikasi CSR terbaik. Untuk menemukan perusahaan dengan CSR terbaik, panitia menggelar riset data kuantitatif dan kualitatif secara holistik.

“Kami lihat nanti datanya input activity-nya apa output-nya. Nah ini outputnya nanti resultnya kita bisa ukur yang yang kita pakai salah satu dari 30 social impact measurement, kemudian nanti outcome-nya kita juga lihat,” jelas Dian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper