Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Tiket Kapal Pelni Naik 1 Juli 2023, Cek Besarannya!

Pelni bakal menaikkan tarif kapal penumpang dan kapal perintis yang mulai berlaku 1 Juli 2023. Berapa besar kenaikannya?
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni akan melakukan penyesuaian tarif untuk kapal penumpang dan perintis yang mulai berlaku 1 Juli 2023. Kenaikan tarif berkisar antara 23 persen hingga 100 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, Yahya Kuncoro, saat ditemui seusai acara Launching Logo Baru PT Pelni di Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Yahya memaparkan, penyesuaian tarif untuk kapal penumpang berkaitan dengan skema public service obligation (PSO) atau subsidi.

“Akan ada penyesuaian tarif sekitar 23 persen untuk kapal penumpang, mulainya 1 Juli mendatang,” kata Yahya.

Sementara itu, Yahya menuturkan kenaikan tarif untuk kapal perintis akan mencapai 100 persen. Hal ini mengingat harga tiket kapal perintis yang sudah tidak disesuaikan selama sekitar 20 tahun. Sama dengan kapal penumpang, tarif baru untuk kapal perintis juga akan mulai berlaku pada 1 Juli 2023.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pelni, Tri Andayani, menjelaskan, harga tiket untuk kapal penumpang sebenarnya sudah ditentukan batasnya oleh pemerintah. Dia menyebutkan, perusahaan akan terus meningkatkan pelayanan kepada penumpang seiring dengan adanya penyesuaian tarif.

Andayani memaparkan, perkembangan pelayanan kapal penumpang Pelni sejauh ini sudah cukup pesat. Dia mencontohkan, perusahaan kini semakin menjaga kualitas tempat tidur pada kabin penumpang, kebersihan toilet dan efisiensi pada antrian makanan dengan menggunakan barcode.

“[Pelayanan] ini terlihat sederhana, tetapi kami harus detail dalam meningkatkannya. Oleh karena itu, transformasi Pelni dilakukan dari berbagai sisi, mulai dari bisnis, layanan, digitalisasi IT, dan juga budayanya,” jelasnya.

Dia menambahkan perusahaan juga berkomitmen untuk meningkatkan komersialisasi perusahaan. Hal tersebut sesuai dengan arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Andayani menuturkan, Pelni diminta untuk terus menggali sisi bisnis atau komersialisasi serta berperan sebagai agen pembangunan dan penghasil laba yang akan disetorkan ke negara dalam bentuk dividen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper