Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut Tinjau Proyek IKN Usai Ditunjuk Jokowi Jadi Kasatgas Investasi

Menko Marves Luhut Pandjaitan mengecek langsung progres proyek IKN usai ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Ketua Satgas Percepatan Investasi IKN.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat meninjau proyek IKN pada Rabu, (17/5/2023) - Istimewa.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat meninjau proyek IKN pada Rabu, (17/5/2023) - Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, melakukan tinjauan langsung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) usai ditunjuk sebagai Ketua Satgas Percepatan Realisasi Investasi di IKN oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tinjauan Luhut ke IKN pada Rabu (17/5/2023) lalu didampingi oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono, dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, untuk melihat langsung progres pembangunan IKN. 

“Menko Marves ingin melihat kemajuan pembangunan Nusantara, serta membahas peluang-peluang investasi yang dapat segera direalisasikan di IKN,” kata Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono dalam keterangan resminya, Jumat (19/5/2023). 

Bambang menjelaskan bahwa kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut Luhut setelah Presiden Jokowi menunjuknya untuk memimpin Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Percepatan Investasi di IKN

Sebagaimana diketahui, penunjukkan Luhut dilakukan untuk mempercepat proses agar investasi di IKN dapat terealisasi sesuai dengan koridor dari peraturan perundangan yang berlaku, termasuk di dalamnya penyelesaian permasalahan pertanahan. 

“Kita ingin agar segala sesuatunya clean and clear, istilahnya begitu, jadi yang akan ditawarkan kepada investor ini adalah tanah-tanah yang sudah matang dan kita ketahui harganya sehingga mereka bisa langsung menghitung,” kata Bambang dalam keterangan persnya seusai mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah membentuk satuan tugas yang diketuai Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Nantinya, tugas utamanya adalah untuk mengkoordinir interdept dan juga semua lembaga terkait sehingga proses percepatan investasi di IKN ini dapat berjalan dengan lebih baik dan lebih efisien.

Selain itu, dalam kunjungan tersebut, Luhut ingin memastikan pembangunan infrastruktur prioritas sudah berjalan sesuai targetnya. Luhut mengecek sejumlah lokasi proyek seperti Hunian Tapak Menteri, Sumbu Kebangsaan Barat, dan Istana Presiden.

Tak ketinggalan, Menko Luhut yang didampingi oleh Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan serta Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan juga mengunjungi lokasi Titik Nol Nusantara untuk berdiskusi dengan Kepala OIKN dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR dan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR.  

“Satgas akan berperan mengkoordinasikan lintas kementerian/lembaga, sesuai dengan peran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Kami akan mengecek kemajuan lapangan secara berkala,” jelas Luhut. 

Lebih lanjut, Luhut menjelaskan bahwa bagian paling penting yang perlu segera diselesaikan adalah masalah pertanahan, agar semua bisa memberi kepastian untuk investor berinvestasi termasuk di dalamnya adalah soal harga tanah yang perlu ditetapkan dengan mekanisme yang benar melalui appraisal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper