Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Balik 30 April, Ini Ruas Tol yang Bakal Macet

PT Waskita Tol Road memprediksi puncak arus mudik terjadi mulai 30 April 2023 dan bakal berdampak terhadap sejumlah ruas tol.
Jalan Tol Pemalang-Batang - Waskita Toll Road
Jalan Tol Pemalang-Batang - Waskita Toll Road

Bisnis.com, JAKARTA - PT Waskita Tol Road memprediksi puncak arus mudik di sebagian ruas jalan tol yang dikelolanya akan mulai terjadi mulai 30 April 2023 hingga 1 Mei 2023. Ruas yang akan dipadati pada pemudik mayoritas berada di Pulau Jawa.

Sekretaris Perusahaan Waskita Tol Road menjelaskan periode arus balik di beberapa ruas jalan tol yang dikelolanya memiliki fase yang berbeda-beda. Untuk puncak arus balik di Ruas tol Pasuruan Probolinggo terjadi pada 24-25 April 2023. 

Sementara itu, prediksi puncak arus balik pada ruas tol milik Waskita Tol Road lainnya, yaitu pada Ruas Jalan Tol Krian Legundi Bunder Manyar diperkirakan mengalami puncak arus balik pada 30 April 2023,sedangkan Ruas Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung dan Ruas Bogor-Ciawi-Sukabumi diperkirakan akan mengalami puncak arus balik pada 1 Mei 2023.

Adapun, untuk ruas Jalan Tol Pemalang-Batang diperkirakan mengalami puncak arus balik Lebaran pada hari Sabtu (29/4/2023) dan Minggu (30/4/2023).

"Ruas yang diprediksi akan dipadati oleh pemudik yang akan balik, pada ruas Pemalang Batang," ujarnya kepada Bisnis.com, Kamis (27/4/2023)

Alex menuturkan, berdasarkan evaluasi arus mudik Lebaran 2023, persiapan ruas-ruas tol milik Waskita Tol Road dalam menghadapi arus balik masih sama dengan arus mudik, seperti menyiapkan mobile reader, menyiapkan petugas jaga untuk memonitor kondisi lalu lintas dan berkordinasi dengan pihak Dishub atau Polisi setempat.

Selain itu, pada Ruas Tol Pemalang-Batang akan dilakukan pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen selama 2 hari pada arus balik mulai 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan 29 April 2023 pukul 06.00 WIB. Dengan ketentuan hanya bagi penguna jalan tol yang menempuh jarak terjauh yakni Kalikangkung-Cikampek Utama.

"Dengan diskon tersebut tarif tol yang semula Rp 45.000 untuk Golongan I menjadi Rp36.000, dari Rp67.500  untuk Gol II & III menjadi Rp54.000 dan yang semula Rp90.000 untuk Golongan IV & V menjadi Rp72.000 selama periode diskon," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper