Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Balik, Jasa Marga Tambah Diskon Tarif Tol dari Semarang ke Jakarta

Jasa Marga menambah diskon tarif 20 persen Tol Trans Jawa pada periode arus balik Lebaran 2023
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan tol Cikampek di Karawang Timur, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023)/Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan tol Cikampek di Karawang Timur, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023)/Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. akan menambah diskon tarif sebesar 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa pada periode arus balik mulai dari Semarang sampai Jakarta, tepatnya dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang hingga GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, diskon tarif tol 20 persen tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama. 

“Pemberlakuan diskon untuk periode arus balik akan mulai diberlakukan pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB. Potongan diskon akan dilakukan di GT Cikampek Utama saja dan hanya untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta," jelasnya melalui keterangan resmi, Senin (24/4/2023). 

Lisye melanjutkan, perjalanan tersebut nantinya akan menempuh sejumlah ruas jalan tol yang tidak hanya dikelola oleh Jasa Marga, tetapi juga oleh badan usaha jalan tol (BUJT) lainnya, seperti Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Pemalang-Batang, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Kanci-Pejagan, Tol Palimanan-Kanci, Tol Cikopo-Palimanan, dan Tol Jakarta-Cikampek. 

“Diskon ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo e-toll dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi prima," tambahnya. 

Lebih lanjut, pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen ini merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol yang juga bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas. 

Hal ini untuk menghindari penumpukan kendaraan pada satu tanggal tertentu, terutama yang telah diprediksi menjadi puncak arus balik Idulfitri 1444 H.

Adapun, besaran diskon tarif tol 20 persen untuk untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta adalah menjadi sebagai berikut:

- Kendaraan Golongan I: Semula Rp372.000 menjadi Rp297.600, diskon sebesar Rp74.400

- Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp575.000 menjadi Rp499.200, diskon sebesar Rp75.800

- Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp758.000 menjadi Rp655.600, diskon sebesar Rp102.400 

Sementara itu, khusus untuk di Jalan Tol Cikopo-Palimanan, diskon 20 persen hanya berlaku untuk kendaraan Golongan 1, sedangkan di ruas jalan tol lainnya berlaku untuk semua golongan kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper