Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lagi! AC Pesawat Bermasalah, Penerbangan Lion Air Delay 2,5 Jam

Penerbangan Lion Air rute Makassar ke Balikpapan delay 2,5 jam karena AC pesawat bermasalah.
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Pesawat Lion Air kembali mengalami gangguan pada AC atau sistem pendingin untuk rute Makassar ke Balikpapan, Rabu (19/4/2023). Kejadian ini berujung delay jadwal penerbangan hingga 2,5 jam.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang M. Prihantoro menjelaskan rute tersebut dilayani dengan penerbangan dengan nomor JT-672 dengan jadwal keberangkatan 08.45 WITA.

"Lion Air Group menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para penumpang penerbangan rute Makassar ke Balikpapan, karena adanya kendala pada sistem pendingin udara di pesawat," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (20/4/2023).

Dia menuturkan Lion Air ingin memastikan bahwa keselamatan dan kenyamanan para penumpang adalah prioritas yang utama.

Danang menjelaskan ketika pesawat yang dioperasikan Boeing 737-800NG registrasi PK-LJQ bersiap untuk didorong mundur (push back), pilot menemukan ada indikasi sistem pendingin udara tidak bekerja secara maksimal, yang berdampak suhu di dalam kabin pesawat tidak sebagaimana semestinya.

Pada situasi tersebut, pilot memutuskan untuk menunda keberangkatan penerbangan dan meminta penumpang agar diturunkan kembali menuju ruang tunggu bandara.

Awak kabin yang bertugas memberikan informasi kepada penumpang dan mengarahkannya untuk kembali ke ruang tunggu di bandara sambil menunggu informasi dan perkembangan selanjutnya.

Pengecekan dan perbaikan sistem pendingin udara ternyata membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit yang dilakukan oleh teknisi Lion Air. Dalam hal ini, tahapan pekerjaan tidak dapat dilakukan secara cepat dan instan.

Setelah sistem pendingin udara pesawat dinyatakan telah berfungsi dengan baik oleh teknisi pesawat dan dilakukan pengecekan oleh pilot, maka pesawat siap dioperasikan (diterbangkan) kembali.

Lion Air telah memberangkatkan kembali seluruh penumpang penerbangan nomor JT-672 tujuan Balikpapan pukul 11.20 WITA, dengan menggunakan pesawat yang sama. Pesawat telah mendarat dengan normal.

Sebelumnya, Batik Air, maskapai di bawah Lion Air Group, menjelaskan ketidaknyamanan yang terjadi pada penerbangan ID-7283 rute Kuala Lumpur – Jakarta akibat gangguan AC pesawat, Senin (10/4/2023).

Penumpang mengeluhkan AC pesawat yang kurang dingin dan lampu yang sempat padam. Batik Air memastikan gangguan tersebut disebabkan oleh ground power unit (GPU) yang tidak bekerja secara maksimal atau disebut ground power issue.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper