Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produsen Maket IKN asal Indonesia Unjuk Gigi di Hannover Messe

Maket futuristik IKN buatan Pola Raya Studio jadi pusat perhatian pada gelaran Hannover Messe 2023.
Presiden Joko Widodo (Jokowi)  mempresentasikan desain Ibu Kota Nusantara (IKN)  kepada Kanselir Jerman Olaf Scholz/Biro Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempresentasikan desain Ibu Kota Nusantara (IKN)  kepada Kanselir Jerman Olaf Scholz/Biro Setpres

Bisnis.com, JAKARTA- Pola Raya Studio, perancang maket futuristik asal Indonesia menyedot perhatian pada ajang 'Hannover Messe 2023'.

Produk Pola Raya adalah maket futuristik IKN. Maket itu dikerjakan secara handmade oleh tenaga ahli maket berpengalaman selama 20-40 tahun dari bengkel kerja perusahaan di Munjul, Cibubur.

Pembuatan maket itu menggabungkan teknologi Internet of Things (IOT), Artificial Intelligence, dan Additive Manufacturing untuk menghasilkan karya yang indah dan inovatif.

Maket ini menjadi pusat perhatian saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunakannya untuk  mempresentasikan desain Ibu Kota Nusantara (IKN)  kepada Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Boleh dibilang, maket buatan Pola Raya tersebut merupakan satu-satunya maket buatan Indonesia yang dipamerkan di ajang Hannover Messe 2023, dan mampu menarik perhatian para pengunjung internasional terhadap objek IKN yang merupakan objek di maket.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Pola Raya Studio Mohamad Amin menjelaskan konsep dan teknologi yang digunakan dalam pembuatan maket tersebut.

"Maket ini merupakan hasil karya dari para tenaga ahli maket berpengalaman yang kami miliki di Pola Raya Studio, yang menggabungkan keahlian handmade tradisional dengan teknologi modern. Kami bangga dapat membawa karya kami ke ajang Hannover Messe 2023 dan menjadi satu-satunya maket buatan Indonesia yang tampil di sini," ujar Mohamad Amin, dikutip dari siaran pers pada Kamis (20/4/2023).

Keberhasilan Pola Raya Studio dalam menghadirkan maket futuristik di Hannover Messe 2023 menjadi bukti bahwa karya Indonesia mampu tampil mendunia di ajang internasional. Dengan kombinasi antara keahlian handmade tradisional dan teknologi modern, Pola Raya Studio menghasilkan karya yang menginspirasi dan memperkenalkan inovasi Indonesia kepada dunia.

Presiden Jokowi juga mengunggah foto maket tersebut di akun Instagram pribadinya, untuk memperkenalkan maket IKN dan menyampaikan pentingnya IKN dalam perkembangan peradaban baru di Nusantara, ibu kota baru Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper