Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siemens Jerman Kawal Otorita Bangun Smart City IKN Nusantara

Otorita Ibu Kota Nusantara menjalin kesepakatan dengan Siemens soal pembangunan smart city di IKN Nusantara.
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono - Youtube Setpres.
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono - Youtube Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Kunjungan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) ke pameran industri internasional Hannover Messe 2023, Jerman, menunjukkan hasil positif. Hal ini ditandai dengan kesepakatan OIKN dengan Siemens, penyedia teknologi terkemuka di sektor energi modern. 

Dalam hal ini, keduanya menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk mengembangkan smart energy, smart city, smart building, infrastruktur mobilitas cerdas dan sistem otomasi industri cerdas di IKN Nusantara. 

Kepala OIKN, Bambang Susantono, mengatakan MoU ini menjadi langkah penting untuk menjadikan Nusantara sebagai pusat inovasi dan teknologi yang mumpuni untuk pengembangan bisnis dan ekonomi hijau di Indonesia. 

"Kami percaya bahwa kolaborasi dengan Siemens akan membawa wawasan dan keahlian yang berharga bagi pengembangan smart konsep kota di Nusantara, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka dalam pelaksanaan proyek ini," kata Bambang, Senin (17/4/2023). 

Dia juga mengaku senang dan antusias untuk mewujudkan kolaborasi bersama Siemens dalam pengembangan Nusantara menuju green and smart city

Adapun, MoU tersebut bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara kedua pihak serta bertukar pikiran dan pengalaman dalam perencanaan dan implementasi konsep smart city di Nusantara yang mendukung pengembangan ekonomi hijau di Indonesia.

Bambang menjelaskan, ruang lingkup kerja sama pihaknya dengan Siemens mencakup pembentukan kelompok kerja dengan pemangku kepentingan terkait dengan pengembangan lingkup smart city.

Kemudian, melakukan studi kelayakan awal di bidang tertentu yang akan ditentukan lebih lanjut ke depannya, serta menjajaki potensi kerja sama strategis dalam pelaksanaan proyek.

Dalam hal ini, OIKN bermaksud untuk membangun Nusantara menjadi kota pintar yang menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan kemampuannya, mengurangi biaya dan konsumsi, serta terlibat lebih aktif dan efektif dengan warganya.

Bambang menilai, Siemens sebagai penyedia teknologi dan keahlian, perusahaan yang tepat untuk mendukung pengembangan sektor smart energy, smart city, smart building, infrastruktur mobilitas cerdas, dan sistem otomasi industri cerdas di Nusantara.

“MoU ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan tujuan tersebut dan mempererat kemitraan kedua belah pihak,” ujarnya.

Sebelumnya, OIKN bersama pemerintah Indonesia menghadiri pameran perdagangan dan industri terbesar dan terpenting di dunia, sejak 1947. Bersama dengan lebih dari 150 co-exhibitor Indonesia lainnya, OIKN memamerkan kemajuan terbaru dari pembangunan dan investasinya.

Hannover Messe 2023 ini adalah kesempatan penting bagi OIKN untuk berbagi dan memberikan informasi terbaru kemajuan pembangunan Nusantara kepada khalayak global, sekaligus mengajak dan meyakinkan investor dan media internasional bahwa Nusantara adalah Proyek Nasional yang diamanatkan undang-undang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper