Wong Solo Group Resmi Ekspor 1,2 Juta Makanan untuk Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi

Wong Solo Group melalui MakanKu resmi mengirimkan 1,2 juta makanan siap saji untuk memenuhi kebutuhan konsumi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi.
Jajaran direksi Wong Solo Group saat bersiap melakukan kerja sama dengan perusahaan Arab Saudi Mashariq/Bisnis-Restu
Jajaran direksi Wong Solo Group saat bersiap melakukan kerja sama dengan perusahaan Arab Saudi Mashariq/Bisnis-Restu

Bisnis.com, SOLO - PT Halalan Thayyiban Indonesia Tbk (HATI), unit usaha Wong Solo Group, secara resmi mulai merealisasikan ekspor makanan siap saji 'MakanKu' ke Arab Saudi.

Ekspor makanan itu dilakukan sebagai bentuk kerja sama dengan perusahaan Arab Saudi Motawifs Pilgrims for South-East Asia Countries Company (Mashariq), untuk memenuhi kebutuhan konsumsi jemaah haji Indonesia.

Founder sekaligus Komisaris Utama PT HATI, Puspo Wardoyo, mengemukakan bahwa perusahaannya ditunjuk sebagai katering dan operator pabrik makanan di Mekah.

“Bagi Indonesia, ekspor makanan siap saji untuk jemaah haji dan umroh ke Arab Saudi ini merupakan hal pertama kali dilakukan, sehingga ini juga merupakan sejarah baru bagi kita,” ujar Puspo dalam keterangan resminya, Jumat (14/4/2023).

Order ekspor makanan siap saji ‘Makanku’ dari Mashariq di tahap pertama ini mencapai 1.275.000 kemasan dengan nilai SAR 16,575 juta atau sektiar Rp 66,9 Miliar.

Pelepasan ekspor perdana telah dilaksanakan pada Jumat lalu yang turut dihadiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan sejumlah tokoh seperti Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Noor Achmad, Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf, Rektor UIN Walisongo Imam Taufiq dan para tamu undangan lainnya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan apresiasinya terhadap PT HATI yang telah dipercaya oleh perusahaan Arab Saudi untuk memasok makanan siap saji bagi jemaah Indonesia yang melakukan ibadah haji dan umroh.

Ia menekankan pentingnya mengambil manfaat nilai ekonomi dari kegiatan Haji dan Umroh di tiap tahunnya.

“Di tahun 2023 ini asja jumlah jamaah haji dari Indonesia mencapai 221.000 orang. Dana yang kita bayar sekitar Rp 18 triliun dan pemerintah berharap sebagian dari yang kita bayarkan tersebut kembali lagi ke Indonesia seperti melalui penyediaan makanan oleh Wong Solo ini,” kata Menag Yaqut.

Yaqut melanjutkan, khusus untuk nilai makanan bagi jamaah haji tahun ini nilai belanjanya mencapai Rp 1,5 triliun. Dia berharap ke depan untuk penyediaan makanan dapat dipenuhi dari makanan Indonesia.

“Makanan yang dipasok PT HATI ini masih kecil, belum sampai 10%. Harus ditingkatkan lagi sehingga dapat bermanfaat bagi perekonomian bangsa kita,”

Sejalan dengan itu, Kepala BPKH Fadlul Imansyah mengatakan bahwa pelaksanaan haji tidak hanya masalah ibadah ritual semata, namun juga ada potensi bisnis yang sangat besar seperti penyediaan makanan, akomodasi dan sebagainya.

“Ini merupakan pencapaian yang sangat baik di mana PT HATI sudah mampu mewujudkan salah satu keinginan Jemaah haji Indonesia untuk mendapat rasa makanan asli sesuai selera makanan kampung halaman Indonesia," ucapnya.

Fadhul menjelaskan, pihaknya melalui perusahaan unit usaha BPKH di Arab Saudi juga akan membangun hotel untuk akomodasi Jemaah haji dan umroh Indonesia di Mekah yang diharapkan dapat lebih menekan biaya penyelenggaraan jamaah haji umroh.

Puspo Wardoyo menambahkan dari penunjukkan sebagai operator pabrik makanan siap saji di Mekah, pihaknya akan mempekerjakan sekitar 200 orang dari Indonesia serta sebagian bahan baku akan didatangkan dari Indonesia seperti beras, daging sapi, daging ayam, ikan dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper