Yuk! Ikuti Lomba Menulis Bicara Makroprudensial

Sebagai upaya membumikan kebijakan Makroprudensial kepada khalayak luas, Bank Indonesia mengundang untuk mengikuti Lomba Menulis Bicara Makroprudensial 2023.
Foto: Lomba Menulis Bicara Makroprudensial
Foto: Lomba Menulis Bicara Makroprudensial

Bisnis.com, JAKARTA - Kebijakan makroprudensial merupakan kebijakan yang bertujuan memelihara stabilitas sistem keuangan secara keseluruhan melalui pembatasan risiko sistemik. Kebijakan ini merupakan salah satu tugas Bank Indonesia sebagai Bank Sentral.

Risiko sistemik sendiri berarti potensi instabilitas akibat terjadinya gangguan yang menular (contagion) pada sebagian atau seluruh sistem keuangan karena interaksi dari faktor ukuran (size), kompleksitas usaha (complexity), keterkaitan antar institusi dan/atau pasar keuangan (interconnectedness), serta kecenderungan perilaku yang berlebihan dari pelaku atau institusi keuangan untuk mengikuti siklus perekonomian (procyclicality).​

Merespons perkembangan tren perilaku finansial serta perhatian para pelaku di sektor keuangan maka Bank Indonesia terus memperkuat kebijakan makroprudensial dengan inovasi di aspek digital, inklusi keuangan, dan kebijakan berwawasan lingkungan (green central banking/green financing).

Kebijakan makroprudensial ini mengemuka saat terjadinya krisis keuangan global ada 2008. Negara yang tergabung dalam G20 merekomendasikan perlunya kebijakan makroprudensial untuk menjaga stabilitas sistem keuangan dan makroekonomi.

Untuk itu, kebijakan makroprudensial ini diperlukan untuk mendorong ekonomi menuju Indonesia Maju. Sebagai upaya untuk membumikan kebijakan ini kepada khalayak luas, Bank Indonesia mengundang untuk mengikuti Lomba Menulis Bicara Makroprudensial 2023.

Tema: Kebijakan Makroprudensial untuk Mendorong Ekonomi Menuju Indonesia Maju

Kategori Penulisan:

  1. Artikel Jurnalisme - Link daftar bit.ly/BIBicaraMakroprudensial_Jurnalis
  2. Esai Ilmiah - Link daftar bit.ly/BIBicaraMakroprudensial_EsaiIlmiah
  3. Artikel Umum - Link daftar bit.ly/BIBicaraMakroprudensial_Umum

Sub tema:

  1. Kebijakan Makroprudensial Akomodatif untuk Memperkuat Intermediasi
  2. Penguatan Intermediasi untuk Mendorong Kebangkitan Ekonomi Nasional
  3. Peran Ekonomi Keuangan Hijau untuk Mewujudkan Ekonomi Berkelanjutan

Periode Lomba:

  1. Registrasi dan pengiriman artikel: 21 Maret – 28 Mei 2023
  2. Pengumuman pemenang: Akhir Juni 2023

Info lebih lanjut:

Email: [email protected]

WhatsApp: 0856-1536-091 (Nisa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper